Mi Instan Berubah Wujud


Produk instan di Indonesia sudah mewabah, salah satu keinstanan yang cukup merajai perdagangan adalah mi instan. Siapa yang tidak mengenal mi instan? Bisa jadi 98% penduduk dunia mengenal makanan yang cukup merakyat ini. Kemudahan pembuatan dari sebungkus mi mentah hingga tersaji bersama kepulan panas dengan bau yang menggoda, menjadikan salah satu alasan pembelian produk yang berbahan dasar tepung terigu ini. Selain itu, keragaman rasa yang ditawarkan pada pasar dagang sangat bervariasi, dari yang standar seperti rasa ayam bawang sampai asam pedas ala masakan Thailand. Sehingga tidak aneh jika produksi mi instan—pada tahun 2009---mengalami peningkatan produksi menjadi 1.880.892 ton per tahun, atau sekitar 8,9%.*

Meledaknya mi instan, ternyata memancing pro-kontra terutama berkenaan dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya, seperti berita mengenai bahaya kandungan zat lilin atau pengemasan produk berbahan Styrofoam. Tanggapan pun muncul lewat sanggahan bahwa zat-zat tersebut masih dalam takaran aman. Dan masih banyak pemberitaan positif-negatif dari produk praktis yang satu ini.** Terlepas dari benar-tidaknya segala informasi tersebut, sebuah fakta terpampang jelas yaitu, penggemar mi instan sangat lah berlimpah---terlihat dari peningkatan per tahun. Maka untuk meminimalisir segala dampak negatif, salah satu solusi untuk menambah asupan gizi adalah dengan mengkombinasinya dengan berbagai bahan yang menyehatkan, seperti telur, daging, sosis atau dan sayur-mayur.

Buku yang berisi 30 resep yang digarap Indscript Creative ini, sedikit banyak memberi variasi pengolahan dari mi instan. Tersaji ragam resep, dari yang tinggal merebus dan menambahkan bahan lain, seperti Mi Vegetarian, Mi Bakso Goreng Kuah Merah, Balita Mi, dsb; sampai dengan yang membutuhkan beberapa metode, seperti Rujak Mi, Bola-bola Salju Mi, Rolade Mi, dsb. Dengan bermacam kreativitas produk mi yang biasanya tersaji dengan sederhana, menjadi lebih menawan dan bergizi.

*diambil dari http://www.datacon.co.id/MieInstan1-2009.html
** bisa dilihat http://infogue.com/tag/mie_instan

Judul : 30 Variasi Olahan Mi Instan
Penulis : Nining Prikasih & Anti Aprilyanti Suganti
Penerbit : Media Pressindo
Tahun : 2009
Genre : Resep Masakan
Tebal : 32 halaman
ISBN : 978-979-788-145-0
Outsource Publishing: www.indscript.com

Comments

  1. hehehehe.. disini rupanya... :) maab, baru berkunjung ke rumah baru :)

    Btw, yang nulis repiew ini suka makan mie instant gak? :D *bukan ngeledek*

    Sin, pinjem dunk, bukunya.. :)

    ReplyDelete
  2. Yang jelas dia pasti suka masak hehe ... (iyakah?)

    ReplyDelete
  3. Memang kadang2 takut juga kalo keseringan makan mie, apalagi tiap hari....

    Met sore & met beraktivitas..

    ReplyDelete
  4. perlu nggak ya buku ini dibeli sama anak2 kontrakan macam saya??? :D

    ReplyDelete
  5. Wah, mie instannya berubah buesar2 seperti judulnya...

    ReplyDelete
  6. maunya dimasakin, males masak soalnya, hiahahaha~

    ReplyDelete
  7. Ha, mba Shinta ganti template ya. Kerennn mba. Reviewnya buku resepnya juga mantap. Boleh juga tuh bikin aneka mie instan berubah wujud.

    ReplyDelete
  8. itu dia yanhg saya khawatirkan, mbak shinta, ternyata sanak2 saya sangat doyan dg mie instant. doh.

    ReplyDelete
  9. Mi Instant memang pencegah rasa lapar yang instant, kalo masakan kakakku belum matang, saya pilih mie instant ni mbak... :-)
    siip dah reviewnya, bikin mi instant lebih bergizi... :-)

    ReplyDelete
  10. Wah sekarang Sinta merambah dunia kuliner juga nih...

    ReplyDelete
  11. Hmmm aku suka mie instan mbak
    olahan lainnya bagus juga ya,,

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?