Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Saturday, April 21, 2012

Lontong Sayur Dalam Lembaran Fashion (LSDLF)

Berkisah tentang kehidupan dan aktivitas Alif sebagai seorang executive fashion editor majalah File, banyak sekali pengetahuan yang dipaparkan penulis tentang dunia kerja yang pastinya bersentuhan dengan kehidupan metropolis yang glamour. Apalagi ketika yang menjadi tema sentral majalah tersebut adalah barang-barang bermerek keluaran perancang ternama dalam negeri, bahkan luar negeri, maka tidak salah jika hampir sepanjang cerita berhamburan merek-merek produk fashion yang bertaraf internasional.
 

Berkat profesi penulis yang juga bergerak di dunia fashion magazine, cerita dipaparkan dengan cukup detail oleh penulis, seperti pencarian model, pengaturan busaha fashion, pemilihan foto, rapat redaksi, dan hampir segala aktivitas yang mendukung terciptanya majalah File, memberikan gambaran buatku tentang dunia kerja majalah fashion, meski tak ‘semengerikan’ buku dengan tema yang sama, garapan Lauren Weisberger, The Devil Wears Prada. Bagian yang membuat saya cukup tertarik adalah cerita tentang Ajus, model baru yang berhasil dilejitkan Alif, yang ternyata memiliki rahasia yang mengejutkan.
 

Meski sebagian cerita berkutat tentang dunia kerja, konflik percintaan masih menjadi bumbu andalan pada setiap buku metropop.  Kondisi kerja di dunia fashion yang pastinya sangat rentan dengan free sex dan sex orientation, membuat kisah cinta Alif dengan Saidah hancur karena keluarga perempuannya yang memandang sinis profesi Alir.
 

“Orang-orang fashion membuat mereka ‘gatel’, mereka beranggapan fashion people penuh kebebasan, bebas sex life dan bebas sex orientation. Entah dari mana datangnya anggapan mereka ini, apakah mereka melakukan survey sebelumnya, apakah mereka mengalami sendiri, atau apakah ada pihak-pihak tertentu yang memberi data secara umum” [h.232]

Dan saat Alif sedang tak ingin lagi bercengkrama dengan masalah cinta, muncul Edna, staf baru di kantor. Gaya Edna yang cheerfull, semangat, menarik, mampu membuat Alif menyepakati hubungan backstreet dengannya. Selain itu, masih ada sosok yang membuat Alif tertarik, File Eater, id email yang kerap menyampaikan kritikan-kritikan terhadap majalah File. Sosoknya tidak jelas keberadaannya membuat Alif ketagihan untuk mempertahankan komunikasi di antara mereka.
 

Meski terlihat banyak sekali konflik, tapi cerita sebenarnya cenderung datar, karena kadang penulis terlihat begitu bersemangat memaparkan tentang detail aktivitas pekerjaan, hingga terkesan tidak menghiraukan plot cerita, bahkan antiklimaksnya pun tidak meninggalkan kesan yang mendalam. Tapi, untuk tertarik mengetahui bagaimana bekerja di dunia majalah, buku ini sedikit banyak bisa memberikan gambaran tersebut.
 


Judul: Lontong Sayur DAlam Lembaran Fashion
Penulis: Syahmedi Dean
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Pertama, Juli 2004
Tebal: 284 hlm
Bintang:  ***

Seri 4 Wartawan Lifestyle lainnya
Jakarta-Paris via French Kiss; Pengantin Gypsy dan Penipu Cinta; Apa Maksud Setuang Air Teh

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::
Share:

0 komentar:

Post a Comment

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

Popular Posts

Done!

2017 Reading Challenge

2017 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 100 books in 2017!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20