Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Tuesday, June 2, 2009

Dunia Paralel


Dunia paralel, adalah dunia di mana terdapat sosok yang sama namun berada di dunia dan kondisi yang berbeda. Awalnya aku sempat berharap buku ini akan bercerita tentang satu tokoh yang hidup di dua atau beberapa dunia yang berbeda dalam waktu bersamaan. Ternyata….

Dikisahkan pertemuan awal Vian dan Medi di sebuah airport yang berdampak terciptanya “rasa” dalam diri masing-masing. Pergolakan “rasa” berlanjut dengan kerjasama tak sengaja mereka dalam pembuatan film yang bertemakan dunia paralel. Kisah ini dipenuhi dengan pertarungan batin, saat rasa cinta tumbuh tapi kondisi tak memungkinkan. Walaupun diselipi dengan persahabatan dan pekerjaan, fokus cerita tetap pada Vian dan Medi.

Sempat berpikir novel ini sangat nanggung, sepertinya semua tokoh menahan emosi. Tidak ada emosi yang berarti, malah kebanyakan menghadirkan toleran dimana-mana. Tapi saat mengetahui ending kisah, aku cukup mengerti kenapa mereka terus menerus meredam emosi.

Gaya penceritaan terasa datar-datar saja, walaupun sering dilengkapi kalimat-kalimat yang memberi penasaran kepada pembaca. Selain itu, tokoh Reno seorang executive produser seperti hanya sekedar pelengkap agar ada tambahan konflik. Dan membuat kepalaku berpikir, “Lah, cuman gini doank” saat konflik Reno dengan Vian dengan –sangat— mudah diselesaikan oleh Alleta. Satu lagi tentang cover, aku suka dengan desainnya tapi tidak menangkap filosofi ataupun hubungan yang terkandung di dalamnya.

Tapi lepas dari kedataran cerita, penulis cukup cerdik menyimpan jawaban dengan membuat pembaca dipenuhi penasaran dan bertanya-tanya terlebih dahulu.

Kembali kepada harapan di awal, ternyata apa yang kuharapkan tidak kesampaian. Karena dunia paralel yang tergambar lewat buku ini adalah sebuah sarana manusia untuk “memperbaiki” sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Sekaligus melengkapi kesimpulan di kepalaku bahwa dunia paralel memang hanyalah angan-angan.

Judul: Dunia Paralel
Penulis: Micki Mahendra
Penerbit: Media Kita
Cetakan: 2006
Tebal: 179 halaman
Harga: Rp. 10.000,- [diskon]

Share:

27 comments:

  1. Reviewnya bagus....bukunya murah lagi meski ceritanya tidak sesuai dengan harapan..

    ReplyDelete
  2. wah mbak, emang saingan berat nih ama mbak Fanda jadi moderator konfrensi klub buku. Bulan depan, PJ nya mbak Sita aja yaks...??? hihihi...

    ReplyDelete
  3. walaaah.... buku lagi.... *says to dompet* siap siap badanmu jadi kurus yaah,., demi menuhin rak buku dan otakku... hihihihihih

    ReplyDelete
  4. Mungkin penulis memang sengaja menahan emosi pembaca... (kali lho yaaaa...) ...lho kok aku yg jadi emosi...
    Heheheh... mbak Sinta jago mereview buku juga yaaa...

    ReplyDelete
  5. wah bener2 penikmat buku mba :)

    sudah bisa menilai detailnya sebuah buku. saya mah boro2 heheheheh

    ReplyDelete
  6. hahaha mirip banget ama cerita di pelem kamen rider decade dunianya kacau sembilan dunia rider bersatu. sampe bikin yang nonton jadi mumet

    ReplyDelete
  7. salam kena bro...ini ku blogger pemula

    ReplyDelete
  8. Dunia paralel yg menarik..
    Mbak,mbok saya dipinjemi bukunya.. *ngarep*

    ReplyDelete
  9. Kirain tadi awalnya buku terjemahan lho..

    ReplyDelete
  10. hehe...kalau ngga sesuai dengan yang diharapkan ya cari lagi

    ReplyDelete
  11. btw tu belinya dimana yahh?? di gramed ada ndak??
    penasaran nihh...
    btw blognya aku follow yah, n klo ndak kberatan follow balik yah. makasih...salam kenal

    ReplyDelete
  12. wah, bukunya menarik sekali. pengin baca ah.... aku juga lagi nulis semacam ulasan buku dipostingan terbaru aku. coba deh lin balik

    ReplyDelete
  13. balik, lagi, kamu pasti udah banyak baca buku. tolong dong dikomen first chapter aku di blognya GagasMedia. alamatnya: http://1stchapter.blogspot.com/2009/06/vega-syndrome.html
    bandingin dengan buku yang pernah kamu baca.

    ReplyDelete
  14. mampir..
    udah lama nggak ke sini.
    sekalian komen ah,,
    ini novel dalam negri kan?
    kayaknya bagus sih
    jadi pengen beli..

    ReplyDelete
  15. Menarik review anda.... rasa mahu baca buku itu

    ReplyDelete
  16. nice review...
    tapi sayang dikit banget reviewnya :D...

    murah banget tuh buku...
    mw dunk...
    btw bisa jadi penulis ternama nie :D...
    semangat yah...
    ikuti kemanapun penamu melangkah...
    jadikan sebuah karya yg sempurna...
    salam kenal :d

    ReplyDelete
  17. good review. sepertinya menarik dan pengen dibaca *ga jelas bgt :)* yang datar-datar itu kalo ceritanya kuat tetap asik dibaca loh...

    ReplyDelete
  18. "Para Priyayi", novelnya Umar Khayam juga datar tapi keren luar biasa dan menunjukkan kualitas n kepiawaian pengarangnya. itu bisa jadi rehat buat penonton sinetron yang sepanjang sejam dipenuhi emosi memuncak...

    ReplyDelete
  19. dari tampilan luar mang menarik ya :)
    salut ma yang suka baca buku....

    me too....

    ReplyDelete
  20. makasih semuanyaaaaa...huhuhuhu, jadi terharu banyak yang mampir ^^

    ReplyDelete
  21. its very nice blog, and good posting, and Ypgred your domain,
    its free doamin .com,.net and other for information visit my site Free Domain

    and dont forget visit my blog
    body Tatto Cool
    Famili Healthy
    Vagina Healthy
    Tips And Trick Seo
    Kolektor Photo

    ReplyDelete
  22. yahh... paling males kalo kayak gitu... judul ga sesuai isi ceritanya. aku akuin, covernya emang menarik. tapi pas baca reviewmu... hadah, untung udah ada yang ngereview. klo nggak kan orang bisa salah beli XDDDD

    ReplyDelete
  23. hmmmm kyaknya pernah liat dech,...(mikir..!!!)
    och iya pas ke toko buku kebetulan lg ada diskon ya udah beli buku tp bingung pilih bku ni "dunia paralel" ato "je'mapele lintang" sepertinya penerbit sama dech...

    finally q pilih je'mapele lintang, gila bukunya keren kyaknya boleh tuch dibahas!!! setelah baca bukunya, q jadi ngayal gmn ya klo q alami kejadian kyk lintang wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  24. hehehe boleh mbanya,..kebetulan q tertarik ma kisah cintanya gitu ;D

    ReplyDelete
  25. Mbak, masih punya novel ini nggak? Saya butuh banget, nih.
    Kalau masih ada, saya beli yah :)

    ReplyDelete
  26. Mba, masih punya novel ini nggak? Kalau masih, saya beli dong :) saya nyari2 novel ini nggak ketemu terus.

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Ibu Pendidik Generasi Islam - “… mendidik seorang wanita itu sama saja dengan mendidik sebuah generasi.” ~ Prakata Penerbit Setinggi apapun pendidikan seorang anak, pengaruh besar...
    4 days ago
  • [Ngoceh Buku] Salju Part #3 - #IsiBuku *#SaljuOrhanPamuk* (209/731) . . Semakin berat makna isi dari pemikiran dan dialog Ka, tapi juga semakin menghanyutkan dalam pelitnya konflik. Ma...
    1 week ago
  • Ummu Salamah - “Di antara keutamaan istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah mereka lebih memilih Allah dan Rasul-Nya.” ~ h.19 Berpredikat Ummahatul ...
    3 weeks ago
  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    3 months ago

Popular Posts

Done!

2017 Reading Challenge

2017 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 100 books in 2017!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20