Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Saturday, May 5, 2012

Apa Maksud Setuang Air Teh



A.M.S.A.T adalah akhir dari serial empat wartawan fashion. Melihat tahun terbit buku ini, ternyata memiliki jeda yang cukup lama, kurang lebih 3 tahun, dibanding seri-seri sebelumnya yang terbit hanya dalam selang setahunan. Mungkin karena sedang super sibuk atau penulis membutuhkan banyak waktu untuk memperhitungkan akhir kisah yang spesial. Dan hasilnya, memang sangat special. Saya suka banget dengan buku keempat, Apa Maksud Setuang Air Teh.
 

Dunia fashion kembali diangkat pada kisah Alif, Raisa, Didi, dan Nisa. Dengan maksud terselubung, seorang ‘nyonya besar’ bernama Tante Yvone bersedia menjadi penyandang dana bagi keempat sahabat ini untuk menciptakan majalah baru, yaitu Maga. Mereka pun menuangkan segala kreativitas untuk membuat sebuah majalah yang penuh dengan inovasi.
 

Btw, saya suka dengan rubrik tanya-jawab Mme. Style yang memang sengaja menggunakan gaya Didi yang jujur tapi nylekit saat berbicara. Salah satu contohnya,
Dear Mme. Style,
… Saya…berperawakan agak gemuk, tinggi 155, berat badan 86. Bahan pakaian bermotif apa saja yang bisa membuat saya tampak langsing?
Peppita Gloria

Dear Glory,
Apa? Saya diajak membohongi public? Jangan ada niat menipu mata tetangga. Tidak pakai baju sama sekalipun Anda sudah sangat jelas…membuntal. Terima diri apa adanya. Pilih pakaian yang bikin senang dan dihormati orang lain, bukan yang bikin orang semisemi tertipu [h.159]
Saya sempat berpikir jika rubrik ini benar-benar diterapkan dalam salah satu majalah fashion di Indonesia, apakah penulisnya bakalan hidup aman sentosa?
 

Tanda tanya tentang perasaan cinta Alif masih menjadi salah satu ‘menu’ utama dalam alur cerita. Saidah dan Raisa, perempuan-perempuan yang menciptakan kebimbangan pada diri Alif, terus bergentayangan hingga kemudian penulis menutupnya dengan SANGAT APIK! Ah, suka dengan kejutannya!
 

Meski menurut saya buku ini special, ada beberapa ganjalan dalam cerita. Jelang akhir cerita pada seri sebelumnya, P.G.D.P.C diceritakan bahwa Lily, anak Edna, ditinggalkan begitu saja di depan rumah Alif oleh Frederico, dan saya benar-benar dibuat penasaran dengan kelanjutan nasib Lily. Tapi ternyata pada A.M.S.A.T hanya disinggung sedikit dan terkesan konflik yang sudah dirangkai sejak seri pertama, L.S.D.L.F, disisihkan dengan paksa.
 

Selain itu, saya masih tidak melihat keterkaitan bagian di mana Didi bertemu sahabat masa kecilnya, dengan konflik dalam cerita. Apakah maksudnya sebagai tali penyambung dengan masa lalu Didi? Kalau iya, koq rasanya bagian itu mubadzir karena tidak ada kelanjutannya akan dibawa ke mana. Mungkin suatu saat penulis bisa mengangkat tokoh Didi dalam buku tersendiri, karena menurutku kisah hidupnya tidak terlalu banyak digali padahal sangat menarik.
 

Salah satu hal yang menarik dalam buku ini, adalah di sela-sela padatnya alur yang berisikan proses penciptaan majalah dan rumitnya perasaan Alif, tersentil juga masalah politik dan filosofi kehidupan yang mempercantik cerita. Dan meski kelihatannya, cerita terlihat rumit dan penuh lika-liku, tapi penulis tak lupa menaburkan kekonyolan keempat sahabat nan kompak ini. Salah satu kejadian yang membuatku tertawa adalah aksi sewa barang-barang branded yang dilakukan di belakang Raisa.
 

Satu lagi, yang membuat buku ini special adalah kejutan di akhir cerita yang datang bertubi-tubi. Surprise! Benar-benar tidak menyangka akan berakhir seperti itu!
 

Judul: Apa Maksud Setuang Air Teh
Penulis: Syahmedi Dean
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Pertama, Oktober 2009
Tebal: 304 hlm
Bintang: ****

Seri 4 Wartawan Lifestyle lainnya
Lontong Sayur Dalam Lembaran Fashion; Jakarta-Paris Via French Kiss
; Pengantin Gypsy dan Penipu Cinta


:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::
Share:

5 comments:

  1. aaaargghh.. yakin deh itu rubrik kacau abis. XD

    ReplyDelete
  2. iya, parah banget! tapi aku suka, sangat realitis

    ReplyDelete
  3. kalo realistis, aku pasti suka. novel sih novel, fiksi boleh fiksi. tapi yang realistis deh. kalo gak? alamat tak tinggalin. he he hehe.

    ReplyDelete
  4. kalau gitu coba aja dibaca, Mas :D

    ReplyDelete
  5. wih article nya bagus2 tetap semangat bwat blog nya

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    2 weeks ago
  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    7 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    7 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20