Part 2 The House of Hades by Rick Riordan (415/627)


Perjalanan Percy dan Annabeth di Tartarus terasa sekali beratnya, beberapa kali Percy dan Annabeth harus dibantu Bob, si Titan yang mulai muncul ingatannya (musuh yang muncul di serial Percy Jackson). Percy-Annabeth memang harus bersusah payah karena mereka berada di 'Tubuh' tartarus yang membuat fisik dan pikiran selalu dalam pengaruh kesedihan, keputusasaan dan derita. Tapi, dari bagian ini bikin pembaca ngerasain chemistry yang kuat antara Percy dan Annabeth, gimana mereka melawan aura kelam dan saling menyemangati.

Di sisi lain, Hazel dan Jason harus berhadapan dengan Sciron dan Kura-Kura Raksasanya, yang rupanya adalah ujian Hazel untuk mendapatkan kemampuan barunya; mampir ke Bologna; Nico dan Jason berusaha mendapatkan tongkat pengendali mayat; dan Leo yang terlempar dan mendarat di sebuah pulau yang dihuni cewek cantik yang terkena kutukan. Alur yang ini memang lebih "ramai" daripada Perjalanan Percy-Annabeth tapi kali ini saya lebih suka alur cerita di Tartarus, karena kondisi nge-drop-nya dapet banget.

Seri kali ini terasa lebih 'dalem'; kesadaran Percy tentang penderitaan yang dirasakan monster atau dewa/i, yang pernah dilawannya, saat dia sendiri merasakannya; tentang rahasia terdalam Nico di Angelo, yang sepertinya akan terus disimpan dalam-dalam; kesedihan terpendam Bob, Si Titan dan Damasen, Si Raksasa karena takdir yang  ditanggungnya sebagai pihak yang harus melawan demigod dan pada dewa/i olympus. Aduh... bagian yang paling sedih ya, membaca dialog Bob dan Damasen.

Baiklah, saya penasaran kelanjutannya yang tinggal sedikit lagiii...

Comments