Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Tuesday, February 2, 2016

Habis Galau Terbitlah Move On

Judul: Habis Galau Terbitlah Move On
Penulis: J. Sumardianta
Penyunting: Iqbal Dawami
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetak: Pertama, November 2014
Tebal: xxii + 330 hlm 
Bintang: 4/5
Harga: Rp. 63.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)


Habiskan rasa GALAU-mu, agar terbit matahari MOVE ON dalam pikiran dan hatimu.
Istilah 'galau' dan 'move on' sudah lama ngetren di dunia maya. Meski istilah-istilah itu paling sering diungkapkan para remaja, kondisi kegalauan sebenarnya menimpa sebagian besar orang. Kejadian apa saja yang tidak cocok di hati atau tidak sesuai harapan, sering menerbitkan rasa galau. Meluasnya istilah ini, digunakan dengan cerdik oleh penulis, dan editor, sebagai judul buku. Pilihan yang membuat buku tampak eyes catching, meski bahasan buku secara garis besar adalah mengubah hal/pikiran negatif menjadi sesuatu yang positif, permainan sudut pandang.

Seperti judulnya, penulis mengajak kita melihat kegalauan/ hal negatif dengan cara pandang move on/ positif. Tema how to seperti ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di toko buku, cari saja di rak-rak buku yang memasang label motivasi, pasti berjejer pilihan yang bisa diambil. Namun, yang menarik dari Habis Galau Terbitlah Move On adalah bagaimana penulis menyampaikan pemikirannya. 

Sebagai penikmat buku, saya menyukai ketika penulis memasukkan sebuah novel atau biografi tokoh dalam pembahasan. Tidak sekadar mengutip isi buku tapi juga membahas kaitan isi buku tersebut dengan tema galau-move on. Saat membaca tulisan dalam buku ini yang saya merasakan penulis memang sangat menyukai aktivitas membaca, dan ketika akan menuliskan sesuai cukup dengan menggali-gali kembali ingatan bacaannya untuk memperkuat tulisan. Gara-gara buku ini saya jadi penasaran dengan novel City of Joy. Satu lagi yang saya suka, adalah contoh kasus/ analogi yang digunakan hampir sebagian besar masih fresh dan saya belum pernah mengetahui sebelumnya.

Latar belakang guru yang suka menciptakan inovasi dalam metode mengajarnya ini, menarik, karena kecenderungan guru saat ini terlalu kaku dalam menerapkan kurikulum sekolah. Pemikiran tentang pendidikan pun lebih terasa kuat jika dibandingkan pemikiran lainnya karena penulis memperlihatkan praktek nyata dari pengalamannya bergelut sebagai guru PKn. Meski begitu buku ini tidak sepenuhnya membahas tentang pendidikan sekolah, tapi tetap fokus pada pendidikan diri, mengajak pembaca menjadi pribadi yang lebih baik... baik saja tidak cukup kalau yang lebih baik masih tersedia dan yang terbaik masih mungkin (h.293).

Banyaknya istilah 'berat' terkadang membuat saya sulit menyerap kalimat, meski secara garis besar masih bisa menangkap apa yang ingin disampaikan. Sepertinya, saya harus lebih banyak bergulat dengan kamus bahasa indonesia. hehehe...
Palu menghancurkan kaca, tetapi palu membentuk baja... Mental baja melihat palu sebagai peluang. Mentalitas kaca melihat palu sebagai ancaman (h.267)

GIVEAWAYS
2 (DUA) PEMENANG BUKU "HABIS GALAU TERBITLAH MOVE ON"

Pertanyaan:

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

Aturannya:
  1. Terbuka untuk semua yang berdomisili di Indonesia
  2. Jawab pertanyaan di kotak komentar
  3. Share link ulasan + giveaways buku Habiskan Galau Terbitlah Move On di akun twittermu. Jangan lupa mention @sinta_nisfuanna dan 3 temanmu, Hastag #HGTMO
  4. Follow blog ini dengan mengisikan email aktifmu di kolom "Follow by email" di bagian bawah atau follow via bloglovin.
  5. Giveaways berlangsung sampai dengan tanggal 02 Maret 2016
  6. Pemenang dipilih oleh pemilik blog berdasarkan jawaban dari pertanyaan. Hasil keputusan tidak dapat diganggu gugat
  7. Bila 48 jam setelah pemenang dihubungi, tidak ada jawaban, maka saya akan memilih pemenang baru.

Share:

19 comments:

  1. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Twitter : @inokari_
    Link share : https://twitter.com/Inokari_/status/697061450590736384

    Jawaban :

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?
    Melakukan aktivitas-aktivitas seru yang aku suka dan biasanya mampu menghilangkan semua kegalauan di hati *ciaaa

    Aktivitas-aktivitas itu adalah ..

    1. Wisata kuliner

    Galau? Bawa makan aja. Haha.

    Iya nih, biasanya semakin galau, semakin banyak pula makanan yang aku habiskan. Paling seneng sih jajan yang manis-manis, macam es krim, cokelat, mochi. Eh tapi yang berat-berat kayak kwetiau ato bakso urat sih disikat juga. Hehe

    Sambil wisata kuliner, sekalian makanannya difotoin, tempat makannya juga difotoin. Eits, bukan buat pamer di Instagram doang, melainkan buat bikin blogpost dengan tema ‘HAPPY TUMMY’ di blog. Happy tummy, happy life *lalu nangis lihat dompet *nangis lagi pas lihat timbangan. wkakak

    2. Baca buku

    Baca buku (apalagi karya penulis favorit) juga juara banget buat ngusir kegalauan. Dijamin bakal ngelupain semua masalah yang bercokol di kepala, beralih hanyut pada isi cerita.

    Beberapa jam pun lewat begitu saja. Abis baca, biasanya hati juga jadi adem, terlebih cerita di buku yang dibaca ngasih pesan moral yang ciamik. Ah, baca buku emang sarana rekreasi murah meriah yang menyenangkan.

    3. Ikutan kuis atau giveaway di sosial media

    Hari gini make sosmed buat baper-baperan doang? Yee ga zaman ah!

    Semua sosmed bisa dimanfaatin buat senang-senang. Misalnya aja ikutan kuis kek yang sekarang aku lakuin. Selain bisa bikin hati happy, kalo menang bakal makin happy loh. Kalo menang terus? Wuuaahh, ngapain lagi galau-galau ya kan?

    4. Dengerin curhat orang lain dan kasih bantuan

    Kadang, kita galau seakan-akan kita adalah makhluk Tuhan yang paling seksi, eh maksudnya makhluk Tuhan yang paling menderita. Coba deh pas lagi galau, kita lebih buka mata dan hati, dijamin kita ga akan galau lagi, karena nyatanya di muka bumi ini masing-masing makhluk bernyawa memikul persoalan masing-masing dan bisa jadi banget masalah yang kita hadapi cuma butiran debu kalo dibandingin sama masalah orang lain.

    Oh ya, ngasih bantuan ke orang lain, meski sekedar nasehat atau semangat, juga bakal bikin galau kita lenyap loh. Serius deh.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Domisili: Serang
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/697263402356355073

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    Jawaban:
    Galau itu biasanya bikin sesak nafas, karena itu yang pertama dilakuin ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan, Insyaallah bersama hembusan nafas yg keluar, segala rasa sesak, sedih, kecewa, dan apapun namanya itu, yg dirasa akan ikut keluar dari tubuh kita, terus ulangin beberapa kali sampai kita merasa tenang. (udah kayak instruksi yoga aja hahaa)

    Yang kedua menulis, tulis semua perasaan kita, segala unek-unek, curahan hati dan apapun namanya, lalu masukan tulisan itu ke dalam botol atau kotak, lalu buang deh terserah mau ke laut, ke sungai atau ke tempat sampah, dengan itu artinya kita sudah membuang semua galau yg dirasa dan bisa move on ke depan.

    Kalau sudah tenang, baru deh melakukan hal yang lebih menyenangkan untuk memberantas galau, bisa dengan jalan-jalan sambil window shopping-makan makanan favorit-nonton film komedi, lebih asyik lagi kalau dilakuin bareng teman-teman.

    Dan setelah capek jalan-jalan, tidur deh, pas bangun nanti lebih fresh lagi dan siap menjalani hari yg lebih baik lagi.

    Namun dari semua itu, mendekatkan diri pada Sang Pencipta akan jauh lebih nikmat tuh... ditambah banyakin kegiatan, jadi nggak akan mikirin masalah yg menyebabkan kegalauan ;)

    ReplyDelete
  4. Nama: Asri Rahayu MS
    Twitter: @princessashr
    Domisili: Yogyakarta
    Link share: https://twitter.com/PrincessAshR/status/697281030772817920

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    1. Makan
    Galau? Dibawa makan ajah, biar nggak tambah galau. Kenyang dapat, galau ilang. Bisa buat beraktivitas lagi

    2. Refreshing
    Jalan-jalan sama keluarga atau teman2 bikin hati riang, senang, dan daaaa galauuu

    3. Baca buku
    Sangat disarankan untuk membaca buku humor, setidaknya biar nggak menambah galau. Karena galau itu adalah penyakit yang bikin nggak enak ngapa-ngapain.

    4. Tidur
    Ampuh banget deh. Tidur sejam dua jam, galau bye bye

    5. Nyanyi
    Puas-puasin deh nyanyi teriak-teriak bareng keluarga dan teman-teman, bikin hati plonggggg buangetttt

    6. Berdoa
    Berdoa kepada Sang Maha Pencipta benar-benar manjur. Beneran dehhh.. Segala keluh kesah semuanya plongggggg, galaunya bablas entah kemana

    ReplyDelete
  5. Nama : Triannisa Hartami
    Nama twitter : @trichan
    Domisili : Jakarta
    Link share : https://mobile.twitter.com/trichan/status/697344690211807232


    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    1. Dengerin lagu
    Sebenernya klo dengerin lagu yang ceria bisa ikutan ceria, tapi saya malah dengerin lagu yg mellow haha tapi enakan klo galau dengerin lagu yg mellow, nantinya jadi enakan abis denger lagunya.

    2. Jalan jalan
    Klo lagi galau gak boleh sendirian, biar ga keinget sama galauan kita, kumpul jalan2 sama temen bikin kita happy, dan galau pun ilang

    3. Curhat
    Biasanya abis mencurahkan isi hati, hati kita jadi enakan, jadi lega seperti biasanya.

    ReplyDelete
  6. Nama: Eris Andriani
    Twitter: @RizAnNie88
    Link share:https://twitter.com/RizAnNie88/status/697301477996384256
    Jawaban:

    Untuk memberantas rasa galau biasanya aku memilih untuk curhat ke teman atau ibu. Soalnya dengan curhat ke orang lain tuh rasanya kayak ploong aja kak, unek.unek yg bikin galau tuh seolah terbagi ke orang lain. Karena galau itu kan termasuk masalah yg bikin gelisah dan merana tuh. Dan nggak baik juga kalau terus.terusan dipendam sendiri.

    Selain itu biasanya aku melakukan hal.hal yg menyenangkan atau lebih kepada menyibukkan diri. Sehingga rasa galau tuh terganti oleh hal lain itu. Misal nonton film, ikutan giveaway kan harus putar otak tuh mikir jawaban sebaik mungkin hehe.
    Tapi dari semua hal ini tetap yg paling utama bagi ku adalah curhat kak, soalnya curhat tuh bikin beban galau agak berkurang, apalagi kalau curhatnya sama ibu. Dan saat orang yg dicurhatin ngasih saran yg pas waaahh galau rasanya ilang deh langsung tergantikan oleh semangat baru...hehehe...

    Sekian terima kasih...

    ReplyDelete
  7. Link share yg bener hehehttps://twitter.com/RizAnNie88/status/697389762190028800

    ReplyDelete
  8. Nama : Pida Alandrian
    Twitter :@PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/698441595280961536

    Aku kalau lagi galau pergi refreshing kemana aja kayak ke pantai dan tempat-tempat menarik lainya. Pokoknya yang sangat nyaman untuk dinikmati kalau lagi galau. Traveling.. Dan cemilan alias makan. Aku sering meluapkan kegalauan aku dengan makan berbagai macam makanan.

    ReplyDelete
  9. Nama : Dera Devalina Rosilia
    Twitter : @deradevalina
    Link share : https://twitter.com/deradevalina/status/699501625346433024
    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?
    Saat saat galau itu ya pastinya bikin mood menurun caranya lakukan sesuatu yang menyenangkan , hal hal yang disukai seperti makan es krim coklat, baca buku ditemani angin sepoi sepoi di teras rumah, aku yang suka nari atau dance tapi ngak terlalu bagus nyanyi biasanya nari – nari sambil nyanyi ngak jelas di dalem kamar hehe.., atau bisa juga nyoba hal – hal yang mungkin jarang dilakuin misalnya mendaki gunung sama temen temen tapi kalo udah sampe di atas jangan nyoba-nyoba lompat cukup menikmati pemandangan ciptaan Tuhan aja. Biasanya kalau bikin kerajinan tangan kayak tas ataupun yang lain bareng keluarga sambil ditemani cemilan biasanya galau pun akan hilang dengan sendirinya. Karena yang bikin galau itu ngak perlu dipikirin masih banyak hal yang menyenangkan untuk dilakukan seperti bertemu gebetan baru mungkin...

    ReplyDelete
  10. Nama : Yeyen Nursyipa
    Twitter : @YeyenNursyipa
    Link Share : https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/701106047226761217

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?
    1. Nangis. Aku justru mengijinkan diriku untuk menangisi apa yang telah terjadi, tapi dengan komitmen. Misalnya, ok aku akan menangis dan meratapi semuanya selama 3 hari berturut-turut tapi aku janji setelah itu tak lagi mengungkit masa lalu dan bersedih saat mengenangnya. Dan biasanya itu beneran bisa buat suasana hati jauh lebih baik.
    2. Jalan kaki. Bagiku jalan kaki bisa membuatku jauh lebih baik, aku bisa lebih bisa menerima keadaan yang sedang aku alami. Aku lebih bisa memahami diri dengan intospeksi kesalahan-kesalahan yang aku lakukan sebelum-sebelumnya sampe mnegakibatkan diputuskannya aku. Dengan jalan kaki tanpa arah, aku ijinkan mata ku jelalatan melihat kanan kiri dan siapa tahu selain mendapat suasana hati baru juga dapet pacar baru. :D
    3. Dear diary. Bagi aku yang tak mudah percaya pada orang lain, lebih memilih untuk mengungkapkan perasaan hati pada sebuah buku atau laptop. Karena bagiku, bercerita pada mereka tak perlu takut untuk dihakimi dan berkomentar yang justru membuatku semakin down. Karena pada saat-saat seperti itu, yang aku minta hanya untuk didengarkan.
    4. Read book. menambah pemikiran-pemikiran para penulis untuk memenuhi pemikiranku dan mengalahkan pikiran tentang masa lalu. Juga menambah daftar kutipan yang aku kutip dari buku yang telah dibaca.
    5. Melakukan hobi. Kesukaanku membuat photo quote dari kutipan berbagai buku yang pernah aku baca. Dan biasanya saat berjibaku dengan gambar dan tulisan, semua aku abaikan, termasuk sakit hati.

    ReplyDelete
  11. nama: Visca
    twitter: @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/701311475428659200

    Galau itu apa ya *pasang tampang polos* :D eh
    yang biasa aku lakuin untuk memberantas galau:
    1. dengerin lagu, tapi jangan lagu yang sedih ntr kadar galaunya bertambah
    2. jalan-jalan bareng temen
    3. nyibukin diri dengan melakukan aktivitas yang positif
    4. tidur
    5. makan yang banyak *tapi jangan sampe makan temen*
    6. gangguin adek-adek sepupu ku yang gemes, yah walupun ujung-ujungnya aku yang bakal dimarahin sama emak-emak mereka. tapi setidaknya itu hiburan buat aku yang lagi ngalamin masa galau ckckck
    dan yah buat apa galau buat apa galau galau itu tak ada gunanya
    -wish me luck!-

    ReplyDelete
  12. Nama : Daivara Rezuki Wijaya
    Twitter : @aulyarzky
    Link Share : https://twitter.com/aulyarzky/status/701611968906407936

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    1) Mencari Pelampiasan

    Biasanya melampiaskan galau ke teman adalah solusi yang terbaik. Setiap saya galau, saya ngeremed paha salah satu teman saya di kelas (Ngeremed adalah bahasa aneh yang di temukan geng cewek-cewek alay yang salah satu anggotanya adalah saya sendiri:v)Dengan ngeremed (Ngeremed : Mencubit) hati saya seakan plong dan sedikit terhibur melihat ekspresi teman saya yang sangat unyu.

    2) Mandangin Foto-Foto Cogan

    Antara kebetulan atau saya yang keganjenan, saya memiliki banyak foto-foto cogan. Foto itu asalnya dari internet ataupun teman-teman angkatan saya, kakak kelas sampai adik kelas yang memiliki wajah sederajat dengan Jirayu Laongmanee. Saya sangat menyukai memotret para cowok yang gantengnya terlalu berlebihan dan ketika saya galau, mandangin foto mereka sambil berkhayal, kalau mereka adalah koleksi mantan saya membuat galau itu langsung menghilang:3

    3) Makan

    Nah makan merupakan cara jitu memberantas galau tapi ujung-ujungnya galau juga karena berat badan naik hingga 10 kg:" tapi dengan makan, saya sejenak melupakan rasa kegalauan yang melanda jiwa dan ragaku:3

    4) Membaca Buku

    Dengan membaca buku, saya akan menjadi ngantuk dan akhirnya tertidur, melupakan segala rasa sedih yang sedang menjajah.

    5) Nakalin Anak Kecil

    Melihat anak kecil menangis karena merasa terganggu olehku adalah suatu kebahagiaan yang tiada tara. Entah saya yang jahat atau bagaimana, melihat anak kecil menangis mampu membuatku tertawa terbahak-bahak dan melupakan rasa galau yang melekat seperti parasit.

    6) Ngamen

    Alhamdullilah dengan bakat bermain gitar dan suara yang cukup merdu, rasa galauku bisa menghasilkan duit untuk membeli tisu-_-" Awalnya saya lebih suka bernyanyi pada malam hari, sebenernya tidak bisa di sebut bernyanyi juga karena lebih mirip raungan anjing tengah malam:3 akhirnya tetangga memberitahukan ibu kos agar saya berhenti meraung-_- padahal mereka tidak tahu bahwa kegalauanku akibat skripsi yang nggak kelar-kelar, membuatku sangat frustasi:" akhirnya Mang Ben memperbolehkanku bernyanyi di warungnya dan mendapatkan duit yang menurutku orangnya juga terpaksa memberikannya. Tapi dengan bernyanyi, rasa galauku menghilang. Galau hilang, duit pun menghampiri.

    7) Pergi Ke Mall (Refreshing)

    Walaupun hanya sekedar numpang ngadem di mall, tapi melihat cowok ganteng secara ekslusif merupakan kebahagiaan yang tiada tara. Ketika galau, saya lebih sering keluar rumah dan berjalan-jalan tak menentu, hingga bertemu Mall. Di dalam Mall paling saya hanya membeli minuman, karena jika menuruti hawa nafsu, bakal ada Galau Season 2:" Maklumi anak kos, ga ada uang? nyawa bisa melayang. Terakhir kali duit pas-pasan karena shopping, akhirnya saya pingsan ketika ada kuis oleh dosen garang:3 perut kosong malah di kasih soal yang membuat ngebul-_- untungnya dengan ngamen di warung Mang Ben dapat menambah penghasilan.

    ReplyDelete
  13. Lanjutan....

    8) Bermain Warnet

    Walaupun saya sudah dewasa, tetapi bermain warnet masih menjadi suatu favorit. Apalagi bermain di didi games ataupun game online.

    9) Lari Pagi atau Sore Sambil Mendengarkan Musik

    Galau tidak hanya berdampak negatif tetapi positif juga. Setiap saya galau, saya biasanya jogging sambil denger lagu bersemangat. Hal ini dapat mencerahkan pikiran saya untuk tidak meminum baygon ataupun loncat dari menara sutet:v

    10) Beribadah

    Bukannya sok religius, tapi terkadang dengan beribadah jiwa jauh lebih tenang dan pikiran pun menjadi lebih positif, lebih banyak mengambil hikmahnya.

    Sekian dan Terima Kasih:)

    ReplyDelete
  14. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Twit :@nyipenengah
    Link shared:
    https://twitter.com/NyiPenengah/status/701675390104952832

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    Jawaban:

    Buanyak banget.
    HUnting foto sama temen-temen ke tempat yang lagi hits di kotaku

    Hunting buku favorit ke toko buku, puas-puasin baca. Kan biasanya ada tuh yang sampulnya udah ke buka :-D

    Nulis artikel di blog, atau ikutan kuis di sosmed yang hadiahnya bejibun

    Nonton film, biasanya temenku punya banyak downloadan film. Hari berasa makin cepet aja.

    Shopping time.
    INi mah hobbi banget. Serius apa pun perasaanmu kalau dibuat shoping pasti rasa galau, baper dll ilang seketika. Tapi ... jangan ngeluh kalau dompet jadi kosong dan ATM menipis. Hahahah ...

    Udah ga jaman galau-galauan girls. Time is money, jangan disia-siain. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Twit :@nyipenengah
    Link shared:
    https://twitter.com/NyiPenengah/status/701675390104952832

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    Jawaban:

    Buanyak banget.
    HUnting foto sama temen-temen ke tempat yang lagi hits di kotaku

    Hunting buku favorit ke toko buku, puas-puasin baca. Kan biasanya ada tuh yang sampulnya udah ke buka :-D

    Nulis artikel di blog, atau ikutan kuis di sosmed yang hadiahnya bejibun

    Nonton film, biasanya temenku punya banyak downloadan film. Hari berasa makin cepet aja.

    Shopping time.
    INi mah hobbi banget. Serius apa pun perasaanmu kalau dibuat shoping pasti rasa galau, baper dll ilang seketika. Tapi ... jangan ngeluh kalau dompet jadi kosong dan ATM menipis. Hahahah ...

    Udah ga jaman galau-galauan girls. Time is money, jangan disia-siain.

    ReplyDelete
  15. Nama :siti nuryanti
    Twitter : @NelyRyanti
    Linkshare : https://twitter.com/NelyRyanti/status/702761696838815744

    Untuk memberantas galau :
    1. Sediakan waktu untuk mengeluarkan semua kegaluan hatimu
    Terkadang orang membutuhkan waktu sendiri untuk menerima segala hal yang membuat galau. Lakukanlah sampai benar-benar tercurahkan, kalau mau nangis juga keluarkan, atau kalau mau teriak juga boleh (kalau teriak lebih baik di pantai atau tempat sepi ya..)
    2. Menulis
    Tulislah ke dalam buku diari atau blog atau fb
    Dengan menulis dapat menetralisir suasana hati
    3. Curhat Kepada Teman yang dapat dipercaya
    Keluarkan kegalauanmu dan ceritakan kepada teman yang dapat dipercaya. Biar mendapatkan solusi
    4. Curhat kepada Alloh Swt
    Setelah menceritakan kepada teman atau lewat tulisan, yang paling utama curhatlah kepada Alloh, karena Dialah Sang pembolak balik hati manusia.Bersyukur dan berdoa, agar hati lebih tenang
    5. Refreshing
    - Lakukan hobimu, kalau suka baca buku, bacalah buku yang disuka, atau main musik, travelling dsb
    6. Lakukan Banyak Kegiatan yang bermanfaat
    Dengan melakukan banyak kegiatan akan membuatmu melupakan kegalauan hatimu, karena telah disibukkan dengan berbagai kegiatan

    ReplyDelete
  16. Memberantas Galau? ;D

    Sulit sih ngemukakannya. Karena mah gak biasa galau, Huhu. Tapi pernah kok sekali-kali ;D.

    Kalau lagi galau biasanya Saya suka bersandung atau hanya sekedar ngedengerin musik yang bernuansa sendu yang pas dengan suasana hati, sedikitnya dengan begitu Saya lebih leluasa meluahkan perasaan di tiap bait syairnya. Selain itu, biasanya Saya juga ditemani kertas yang siap jadi sasaran rangkaian kegalauan hati Saya, nggak tau kenapa Saya lebih mudah berbagi kisah dengan kertas daripada teman, yah meskipun kertas nggak pernah ngasih solusi akan tetapi kertas juga nggak pernah ngeluh dengan banyaknya kisah yang mengisi tiap lembarnya. Juga saat galau biasanya Saya selalu berusaha banyak mengenang hal-hal terbaik yang pernah Saya lakukan, entah itu prestasi atau hanya kekonyolan belaka. Pun saat galau nggak jarang Saya habiskan dengan nonton acara-acara bernuansa humor salah satunya Stand Up Comedy. Satu lagi, hal yang nggak pernah Saya tinggalin saat galau - merangkai kehidupan dalam imaji, yah Saya selalu suka membangun kehidupan di dalam imajinasi, sebab di sana Saya bebas mengkreasikan hidup tanpa takut dihancurkan walaupun nggak nyata setidaknya bagi Saya cara ini cukup ampuh memberantas GALAU. Eh ada lagi ;D, terakhir nih, ketika galau Saya biasa mancing, yang pasti nggak mancing keributan lho yak, yah meski hidup Saya selalu dalam kesepian tapi Saya juga nggak suka keributan lho ;D.

    Ttd
    @DiddySyaputra
    Terima Kasih!

    ReplyDelete
  17. Nama: Muthia B
    Twitter: @tiarizee
    link share: https://twitter.com/tiarizee/status/704591710068858880

    Galau itu gaboleh dipendam terlalu lama karena itu menyakitkan. Semakin lama hanya akan menimbulkan penyakit yang obatnya hanya satu, yaitu dikeluarkan. Jadi saat aku galau, aku akan melakukan apapun, benar-benar apapapun untuk mengeluarkan semua beban pikiranku. Sebagai penggemar rock, hal pertama yang,aku lakukan adalah nyetel semua lagu-lagu rock yang bisa buat aku teriak sekencang-kencangnya, berharap hal ini bisa buat aku lebih tenang. Kedua, aku suka lari. Ya berlari terkadang menjadi pilihanku untuk memberantas galau yang menyerang. Menembus angin, berlari sampai kelelahan, mencapai garis finish yang ditentukan, merupakan kepuasan tersendiri yang bisa mengusir rasa galau. Ketiga, yang sudah pasti dilakukan adalah menyibukkan diri. Tapi jangan anggap menyibukkan diri sebagai pelarian. Malah ini terkadang jadi bumerang, seperti, saat kita punya waktu senggang, kita malah jadi galau. Jadi, lakukan semuanya dengan ikhlas, jangan terbebani oleh hal pengusir galau yang kita lakukan. Hal yang aku lakukan untuk menyibukkan diri biasanya dengan membaca buku. Tapi saat galau, aku paling anti dengan genre romance, takut bawa perasaan, haha! Lebih ke genre buku seperti Sherlock Holmes yang membuat kita penasaran dengan teka teki nya. Alhasil waktu untuk bergalau pun terlewat dan pengetahuan baru bertambah. Selain itu, untuk menyibukkan diri aku biasanya membersihkan rumah. Terutama kamar, sebagai tempat yang paling dikunjungi. Percaya ga percaya, pasti ada aja spot tertentu dalam kamar yang bisa buat kita galau, karenanya aku hobi banget redecorate kamarku supaya kelihatan lebih fresh.
    Dan biasanya kalau galau melanda, kita pasti merasa sendiri. Kosong. Hampa. Untuk mengatasi ini aku mengalihkannya dengan mencoba untuk lebih dekat dengan keluarga. Hal kecil yang sering dilakukan? Tentu saja dengan mengganggu adikku tercinta! Haha! Dari gangguin dia, pasti kakak, dan orang tuaku langsung ceramah, nasehatin, maupun marah-marah karena terlalu sering berantem. Tapi dari sini, ujung-ujungnya pasti ketawa lagi. Ngobrol lagi. Dan pastinya rasa sendiri yang kita rasakan saat galau dapat terberantas dengan kebersamaan yang kita peroleh dari keluarga.
    Terakhir, dari semua yang dilakukan, memang yang paling terpenting adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Karena sebenarnya, Ia yang paling mengerti kita. Karena itu, saat galau menghampiri, lebih baik ambil air wudhu untuk solat sunah maupun wajib, dan abis itu ngaji deh! Dijamin hati adem, pikiran tenang, dan galau pun menghilang! :D
    Setelah semua hal pengusir galau ini di lakukan, aku sudah mulai siap untuk mencari 'seseorang' untuk mengobati rasa galauku. Dia kucari bukan sebagai pelarian, bukan sebagai tameng saat galau, tapi lebih ke aksi nekat yang harus dilakukan. Becauseeeee,all you need to do to be happy again is meeting someone new! :)

    ReplyDelete
  18. nama lengkap: Daisy
    twitter: @daisy_skys
    link share: https://twitter.com/Daisy_skys/status/705045058932887553

    Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memberantas galau?

    1. Menyibukkan diri dengan mengerjakan hal yang manfaat .Karena saya muslim maka berdzikir atau membaca al-Quran. Atau berusaha menghafal al-Quran atau membaca buku yang bermanfaat adalah option yang tepat .

    2. Kalau saya biasanya curhat sama tanaman . Di kamar ada tanaman kaktus yang sering saya ajak ngobrol dan curhat. Mau tahu kenapa ? Karena kaktusnya nggak ember dan bisa jaga rahasia . Dia nggak akan tega mengatakan curahan hatiku ataupun aibku ke orang lain .

    3. Karokean . Yang jelas lagu lagu ballad mendayu dayu yang bikin baper plus tambah galau di blacklist dulu .

    4. Meningkatkan siklus makan . Saya tipe orang yang tidak gampang melar jadi saya bebas menuruti nafsu makan . Perut kenyang hatipun senang .


    5. Cari pacar baru .

    ReplyDelete
  19. Nama: Leny
    Twitter: @Lenny1785
    Link share: http://twitter.com/Lenny1785/status/705054918990647296
    yang biasanya aku lakukan untuk memberantas galau itu adalah dengan menyibukkan diri untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti membaca buku atau menulis, entah kenapa kalau lagi galau tuh menulis rasanya jadi lebih mudah ide tuh rasanya sangat mengalir. Jadi menyibukkan diri dengan menulis atau membaca buku itu cukup ampuh untuk memberantas galau ditambah lagi mendengarkan musik atau jalan-jalan.

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Ibu Pendidik Generasi Islam - “… mendidik seorang wanita itu sama saja dengan mendidik sebuah generasi.” ~ Prakata Penerbit Setinggi apapun pendidikan seorang anak, pengaruh besar...
    4 weeks ago
  • [Ngoceh Buku] Salju Part #3 - #IsiBuku *#SaljuOrhanPamuk* (209/731) . . Semakin berat makna isi dari pemikiran dan dialog Ka, tapi juga semakin menghanyutkan dalam pelitnya konflik. Ma...
    5 weeks ago
  • Ummu Salamah - “Di antara keutamaan istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah mereka lebih memilih Allah dan Rasul-Nya.” ~ h.19 Berpredikat Ummahatul ...
    1 month ago
  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    4 months ago

Popular Posts

Done!

2017 Reading Challenge

2017 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 100 books in 2017!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20