2 States: The Story of My Marriage

Novel dengan latar Asia, selalu menarik buatku, karena budaya Asia masih tergolong kental dibandingkan benua lainnya. India, salah satunya. Sejauh ini, buku berlatar India, yang kubaca, selalu mengangkat tema yang serius, jadi 2 States adalah pengalaman pertamaku membaca novel komedi romantis dari India.


"Diskriminasi dan bias bodoh ini penyebab kehancuran negara kita. Orang lebih mementingkan Tamil dan Punjabi daripada India. Ini harus diakhiri" (Krish-h.182)

Ananya dan Krish, tokoh utama yang saling mencintai tapi harus berhadapan dengan jurang pembeda antara suku Punjabi dan Tamil. Adat, karakter, dan kebiasaan yang sangat berbeda, membuat mereka harus bisa menaklukkan keluarga pasangan, supaya dapat mencapai jenjang pernikahan.

Meski awalnya agak membosankan karena hanya bertutur tentang kisah cinta Krish dan Ananya, tapi cerita menjadi lebih menarik ketika Krish mendapat penempatan kerja di Chennai, daerah tempat tinggal Ananya. Usaha penaklukan Krish menjadi awal munculnya kekentalan adat dalam novel 2 States.

Kesan selama membaca novel ini adalah kocak, dari awal sampai akhir selalu ada kelucuan. Garis besar cerita yang sebenarnya bisa menjadi kisah yang menyesakan, diubah penulis menjadi penuh tawa. Penulis berhasil menyampaikan konflik dengan gaya dan sudut pandang yang lucu, sedikit sinis, tapi tidak meninggalkan rasa haru dalam alur.

Judul: 2 States: The Story of My Marriage
Penulis: Chetan Bhagat
Penerjemah: Marcalais Fransisca
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetak: Oktober 2013
Tebal: vi + 482 hlm
Bintang: 3/5
Harga: Rp. 54.400 (Diskon di www.parcelbuku.net)

Comments