Anak-Anak Nakal


Menurut saya 'anak nakal' sebenarnya adalah kata benda yang diciptakan orangtua, dan bukanlah kata sifat. Ketika anak tidak menurut, disebut anak nakal, saat anak tidak ingin berbagi, padahal sesuatu itu adalah haknya, disebut anak nakal, dan hampir untuk segala hal yang anak lakukan dan tidak berkenan di hati/pikiran orang dewasa, predikat itulah yang muncul.

Tanya, anak nakal begitulah yang selalu dikatakan Mama Mandy, tapi Mandy tidak menghiraukan ucapan Mamanya. Mandy merasa Tanya adalah teman menyenangkan dibandingkan teman-teman di sekolah yang sering mengganggunya (read: bullying).

Di balik gayanya yang eksentrik, Tanya memiliki rasa sayang yang sangat dalam kepada anak-anak yang lebih kecil. Caranya melindungi Mandy saat kejadian penangkapan di sebuah toko, memperlihatkan kepeduliannya.

Tanya menjadi "anak nakal" bukan tanpa sebab, lingkungan, orangtua, rasa tidak diterima, membentuk karakter pemberontak dan semaunya dalam dirinya.


Membaca buku ini terkadang dibuat jengkel dengan orang dewasa yang terkadang sok tahu, gemar menghakimi dan menilai seenaknya. Perbedaan penilaian dari sisi Mama dan Papa Mandy adalah gambaran bagaimana perbedaan orang dewasa ketika menghadapi 'kenakalan' anak-anak.

Judul: Anak-Anak Nakal
Judul Asli: Bad Girls 
Penulis: Jacqueline Wilson
Penerjemah: Monica Dwi C.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Juni 2004
Tebal: 240 hlm
Bintang: 4/5

Comments