Komedi Pelaku Korupsi, Berani Ngaku Lebih Hebat!


Judul: Komedi Pelaku Korupsi, Berani Ngaku Lebih Hebat!
Penulis: Gino Kasmyanto
Penyunting: Zulfa Simatur 
Penyunting Grafis: R. Nuruli KWM
Penerbit: VisiMedia
Cetak: Pertama, Juli 2014
Tebal: iv + 100 halaman 
Harga: Rp. 26.800 (di www.parcelbuku.net)
Bintang: 3/5 

Sinopsis:
Sesuatu yang tabu bisa menjadi biasa ketika dilakukan berulang-ulang, salah satunya kebiasaan mengambil yang bukan menjadi haknya. Mencuri, merampok, mengutil, dan korupsi adalah beberapa istilah kejahatan yang orientasinya mengambil milik/hak orang lain. Namun, istilah korupsi menjadi lebih berat jika dibandingkan dengan mencuri/merampok karena pelakunya diarahkan pada pejabat/lembaga pemerintahan, dimana mereka adalah orang-orang yang dipercaya rakyat untuk mengelola kesejahteraan suatu bangsa.

Sayang, amanah/kepercayaan rakyat dibabat oleh korupsi yang sudah menjadi bahaya laten. 'Penyakit' yang wajib untuk segera diberantas. Mirisnya, hukum pun terkadang tumpul ketika berhadapan dengan kekuasaan atau uang. Komedi Pelaku Korupsi mempertontonkan budaya korupsi yang semakin menyedihkan melalui komik strip yang bernada satir. Canda terselip dalam strip para penjabat dan penguasa melakukan korupsi, atau tentang penjara yang menjadi tak lagi mengerikan, karena fasilitas bisa didapatkan dengan menyogok gepokan uang, ditampilkan juga realitas demontrasi/komunitas yang menggembor-gemborkan anti korupsi ternyata masih hobi 'memotong' duit.

Ketika korupsi membuat semua mata memandang ke arah 'pembesar', penulis memperlihatkan bahwa korupsi tidak hanya berada di tataran pejabat, tapi juga membelit di bawah, bahwa korupsi tidak hanya berkaitan dengan uang, bahwa korupsi tak ayal menjadi pola hidup sebagian orang yang tak lagi peduli dengan nurani.






Comments

  1. kontennya bagus, bisa didapat dimana buku tersebut? Harganya berapa?

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?