Orang-orang Tercinta

 "Buku memberikan kebebasan anak untuk berimajinasi, berbeda dengan televisi yang bersifat mendikte" [Soekanto SA]
Percaya dengan kata-kata Pak Soekanto di atas? Saya setuju sekali. Buku memang membuat imajinasi pembacanya lebih berkembang dan bebas. Lewat kata-kata, pembaca lebih bisa menciptakan bayangan tentang rangkaian adegan, aksi tokoh, kondisi latar, dan permainan suasana cerita. Maka, tidak salah jika beberapa pakar anak-anak lebih menganjurkan para orangtua untuk sering mendongeng atau membacakan buku, terutama yang isinya mendidik dan memancing anak untuk berpikir. Salah satu penulis yang sangat saya rekomendasikan karyanya adalah Bapak Soekanto SA. Sayang, sepertinya sekarang karya beliau agak sulit ditemukan.

Si Pitung, Superhero Betawi Asli, adalah buku Pak Soekanto SA pertama yang pernah saya baca. Kesan pertama, saya suka dengan selipan-selipan nasihat yang sangat mudah diserap oleh anak-anak. Nah, buku ini adalah kali kedua saya menikmati karya Pak Kanto. Berbeda dengan Si Pitung, Orang-Orang Tercinta adalah kumpulan cerita pendek, yang terbagi menjadi dua bab, orang-orang tercinta dan anak-anak bahagia.

Banyak makna yang disampaikan dalam Orang-orang Tercinta ini, tentang orangtua dengan anak; guru dengan murid, kakek/nenek dengan cucu, antar tetangga, tukang becak, penyapu jalanan, penjaga sekolah, dll. Alur cerita yang ditawarkan tidak hanya memuat keceriaan, tapi juga kesedihan, kepasrahan, haru, renungan, kepolosan, cinta kasih, kerinduan. Cerpen pun tidak pernah lebih dari 3 halaman sehingga dalam buku yang 'hanya' 160 halaman, bisa memberikan 38 cerita dengan aneka cita rasa.

Sungguh saya bingung harus mengutip cerpen yang mana untuk review kali ini, karena masing-masing memiliki keunggulan dan pasti bakal menjadi catatan yang sangat panjang. Tapi yang membuat saya semakin terkesan dengan cerpen-cerpen beliau adalah cara Pak Soekanto menyampaikan cerita, sangat mengalir dengan gaya yang sederhana, terasa apa adanya, dan tak lupa selipan nasihat yang akan mengena, tidak hanya untuk anak, tapi juga bagi orang dewasa yang membacanya. Tetapi, yang masih menjadi ganjalan adalah ketidakjelasan kategorisasi kumcer menjadi dua 'tema besar' yang kurang mewakili cerpen-cerpen tersebut.

Judul: Orang-Orang Tercinta
Penulis: Soekanto SA
Penyunting: Maria Hartiningsih
Penerbit: Kompas
Cetak: Kedua, Mei 2006
Tebal: 160 hlm
Bintang: 4/5

Resensi diikutkan Fun Year with Children's Literature edisi Bulan Maret


:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments

  1. Pengin baca ini. Tp kayanya susah dicari yah.. >.<

    ReplyDelete
  2. iya, kayaknya udah susah cari buku ini

    ReplyDelete
  3. ak baru tahu buku dan penulis ini #katro

    ReplyDelete
  4. Pak Kanto itu salah satu sosok legendaris Indonesia di dunia dongen/cerita anak, Lis :)

    ReplyDelete
  5. kebetulan sekali saya baru saja membaca buku ini. ketemu di perpustakaan kampus. tapi yang saya baca masih terbitan lama, bahkan ejaannya memakai ejaan yang belum disempurnaka.

    setuju sekali bahwa di buku ini banyak pelajaran yang bisa dipahami dengan mudah. semua umur sepertinya harus membaca buku ini, untuk mengingatkan lagi tentang kearifan dalam hidup :)

    ReplyDelete
  6. wow! berarti yang kubaca itu republish ya, penasaran ma cover lamanya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?