Emmy And The Incredible Shrinking Rat


Tikus? Hedeh! Gak banget dah! Membayangkan wujudnya yang kusut, kotor, suka tiba-tiba nongol di selokan *yeuh*, sudah bikin begidik gak karuan, apalagi kalau sampai bersentuhan *kabur!* Saat saya masih kecil, pernah sekali waktu jempol kaki digigit tikus. Arrgh! Sakit, yah wajar sih karena waktu itu saya langsung tidur di lantai tanpa mencuci kaki. Well, kecapekan sepertinya. Untung gigitannya tidak terlalu dalam dan sembuh dalam beberapa waktu. Untung lagi, si tikus bukanlah Ratty, sahabat Emmy yang memiliki kekuatan untuk menciutkan orang yang digigitnya. Hohohoho…

Tak hanya bisa menciutkan, Ratty, si tikus juga bisa berbicara dan orang pertama yang diajaknya bercakap di kelas adalah Emmy. Sebagai gadis cilik yang selalu diabaikan oleh orang di sekitarnya, bahkan orangtuanya sendiri, Emmy merasa kesepian. Pertengkarannya di awal bertemu dengan Ratty ternyata malah mengantarkannya pada persahabatan dan terkuaknya misteri di balik ketidak-pedulian orang di sekitarnya.

Dialah Miss Barmy yang bertugas mengasuh Emmy setiap kali orangtuanya pergi melancong ke luar negeri. Label antagonis sudah tercap padanya sejak awal cerita, dengan tongkat yang terukir wajah-wajah cilik dan sepatu berujung besi menjadi aksesoris keantagonisannya. Dengan menggunakan ramuan dan cetakan yang berbahan dasar tikus dia, Miss Barmy memiliki misi dan dendam untuk menghancurkan keluarga Emmy.

Saya sangat menyukai bagian di mana Emmy menemukan sebuah kota binatang pengerat. Membayangkan ada kota kecil, tempat para binatang kecil hidup dengan segala fasilitas listrik dan kereta api. Lucu! Dan saya sangat menyukai keluarga Tupai. Hanya saja, saya agak bingung dengan gigitan Ratty di jelang akhir cerita, karena efek gigitan ketiga yang diberikan pada Emmy ternyata berbeda ketika dilakukan pada Miss Barmy. Apakah menyebabnya molekul darah? Hmmm…

Well, kisah petualangan Emmy berjalan dengan menarik dan membuat penasaran dengan apa yang akan terjadi pada Miss Barmy, yang sempat terkentut-kentut setiap kali berkata bohong *hahaha!*. Selain itu, ada juga sedikit sentuhan sains membuat cerita tidak terlalu fantasi-fantasi amat. Dan pinginnya, serial Emmy selanjutnya diterjemahkan karena masih penasaran dengan Miss Barmy yang sudah berubah wujud.

Judul: Emmy And The Incredible Shrinking Rat
Penulis: Lynne Jonell
Penerjemah: Maria M Lubis
Penerbit: Atria
Cetak: Pertama, Juni 2010
Tebal: 342 hlm
Bintang: ***
Pinjam dari Mbak Astrid

Seri Emma yang lainnya:
Emmy and the Home for Troubled Girls; Emmy and the Rats in the Belfry

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments