Xar & Vichattan; Takhta Cahaya



Serangan tiba-tiba yang terjadi pada kedua pemimpin Kuil Xar & Vichattan ternyata menjadi pertanda kebangkitan Kuil Kegelapan. Khalash, sang pemimpin Kuil Kegelapan berhasil lolos dari kematian pada peperangan 7 tahun silam melawan gabungan kekuatan Kuil Xar, Vichattan dan Cahaya. Sayangnya, saat peperangan tersebut Kuil Cahaya juga mengalami kejatuhan. Dengan tiadanya bantuan kekuatan Cahaya, Kuil Xar & Vichattan harus pontang-panting melawan kehebatan dari para pengikut Khalash.
 

Tak disangka,Pendeta Luscia yang dahulunya pernah melawan Khalash, menyembunyikan sebuah wasiat berisikan pesan yang harus dilakukan para pewaris Kuil Cahaya. Lewat nyanyian merdu, dipanggil-lah sosok-sosok yang terpilih sebagai pewaris dan mereka adalah empat bocah keturunan pemimpin Kuil Xar & Vichattan. Gerome, Antessa, Kara, dan Dalrin, adalah bocah-bocah yang terpilih untuk membangkitkan kembali Kuil Cahaya demi melawan kekuatan Kuil Kegelapan. Tugas itulah yang mengantarkan mereka ke petualangan yang tidak hanya melelahkan tapi juga mengancam nyawa mereka.




Serial Xar & Vichattan garapan Bonmedo Tambunan ini terdiri dari 3 buku. Takhta Cahaya sendiri adalah seri pertama dari petualangan ahli waris cahaya, mungkin itulah sebabnya, penulis sering memaparkan dan menggambarkan secara detail karakter dan kekuatan masing-masing tokoh.  Meski alur di pertengahan cerita terpecah menjadi dua bagian, tidak menimbulkan kebingungan dalam mengikuti petualangan dalam masing-masing bagian. Petualangan para pewaris cahaya dalam misi membangunkan Amor-Pietas, kunci pembuka Kuil Cahaya; diceritakan secara selang-seling dengan aksi perlawanan dan taktik Kuil Xar & Vichattan memperlambat serangan dari Kuil Kegelapan yang sementara tanpa bantuan Kuil Cahaya.
 

Ceritanya seru dan sangat mengalir, hanya saja saya agak kesulitan mengingat nama tokoh terutama para prajurit Kuil Xar & Vichattan. Ditambah lagi, ukuran font yang mungil lumayan membuat mata agak ngotot terutama untuk saya yang bermata ‘minus’ efeknya dibutuhkan beberapa kali waktu istirahat selama membacanya.

Judul: Xar & Vichattan, Takhta Cahaya 
Penulis: Bonmedo Tambunan
Penyunting: Lutfi Jayadi & Ratri Adityarani
Penerbit: Adhika Pustaka
Cetak: Kedua, Juli 2010
Tebal: 340 hlm
Bintang: ***

Seri Ahli Waris Cahaya Lainnya:
Prahara; Empat Tubuh Statera

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments