Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Wednesday, October 19, 2011

Kicau Kacau; Curahan Hati Penulis Galau


Tukang Gosip. ‘Gelar’ itulah yang sempat saya sematkan untuk pria bernama Indra Herlambang, seorang host salah satu media gosip ‘ternama’ di Indonesia. Walaupun saya bukan penyuka gosip, terkadang jari kepleset juga pencet channel pas acara gosipnya Indra. Satu yang saya suka setiap kali melihat wajah Indra di layar televisi dengan ekspresi wajahnya yang lucu, kalau tidak mau disebut culun *peace!*, setiap kali menanggapi berita-berita sensasional para artis. Kadang ekspresi itulah yang membuat tanggapan sang host menjadi lebih ‘hidup’dan menghibur. Loh, koq jadi membahas tentang ekspresi bergosip.

Selain lincah dalam bertutur, ternyata Indra juga mumpuni dalam menulis. Buktinya, ya buku kumpulan tulisannya yang berjudul Kicau Kacau, Curahan Hati Penulis Galau. [OOT: Saya curiga, wabah kata Galau di twitter dipelopori oleh buku ini]. Buku ini berisikan kumpulan tulisan Indra dari beberapa majalah tentang keseharian dan lingkungannya.

Awalnya membaca tulisan-tulisan Indra, saya lebih merasakan nada nyinyir daripada kritis. Tapi sejak menemukan tulisan berjudul Sembilan ratus enam belas ribu seratus lima puluh langkah kaki [Panjang banget judulnya] saya mulai mempertimbangkan tumpahan isi kepala Indra dalam buku ini. Semakin lama ternyata saya menikmati juga pemikiran Indra yang sederhana tapi mengena. Banyak tulisan dia yang kelihatannya hanya luapan kekesalan tanpa isi tapi begitu dicerna lebih dalam ada sesuatu yang membuatku berpikir, “Iya ya.” Indra menulis uneg-uneg dengan apa adanya, bahkan saking apa adanya, saya selalu tertawa setiap Indra mengungkit atau menyelipkan perkara usianya di beberapa tulisan.

‘Memang bumi ini jauh lebih menyebalkan ketimbang perut Bunda yang nyaman.’ [h.285]

Menarik membaca tulisan-tulisan Indra pada bab kicauan tentang Jakarta, Indonesia, & Kesehatan Jiwa. Mengkritisi banyak hal. Walaupun berkali-kali mengatakan buta tentang politik, kadang tulisannya tidak mencermin kondisi tersebut [yah minimal gak buta-buta amatlah], seperti yang terlihat pada Playgroup MahaBesar Bernama Negara.

Selain itu, kicauan tentang Keluarga adalah bab terfavoritku. Tidak hanya lucu, bermakna tapi juga menyimpan sejuta kehangatan. Semua tulisan di bab ini memberikan banyak hal untuk direnungkan, dinikmati, dan diresapi. Ah, Saya suka sekali dengan tulisan berjudul Surat Untuk Irvin dan Menginjak-injak Bapak & Ibu.

‘Kalau semua hal kelihatan buruk, jangan-jangan yang salah matanya’

Well, banyak hal yang bisa kuambil dari buku ini, seperti perombakan sudut pandangku terhadap Indra Herlambang. Selain itu, selesai membaca buku Kicau Kacau, saya menjadi memiliki keinginan yang menggebu untuk kembali menuliskan segala hal di blog cuat-cuitku yang cukup lama terlantar.

Judul: Kicau Kacau; Curahan Hati Penulis Galau
Penulis: Indra Herlambang
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: 2011
Tebal: 326 hlm
Bintang: ***

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::
Share:

5 comments:

  1. hmmm... sempat liat kemaren ada buku ini di parcel buku...
    beli ga ya :D :D

    ReplyDelete
  2. Waaahh jadi makin pengen baca buku ini.. Awalnya selalu ragu kalo mau beli, tapi liat reviewnya orang-orang kayaknya bagus dan berisi ya.. :)

    ReplyDelete
  3. @miss U: walah, udah sold sis :) tapi makasih ya udah mampir ;)

    @annisa: baguuuuuss! baca deh ^^

    ReplyDelete
  4. Wahh...saya jg suka buku ini mba, dan pernah jg membuat (semacam) reviewnya :D
    http://rindrianie.wordpress.com/2011/10/11/book-review-kicau-kacau/

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Ibu Pendidik Generasi Islam - “… mendidik seorang wanita itu sama saja dengan mendidik sebuah generasi.” ~ Prakata Penerbit Setinggi apapun pendidikan seorang anak, pengaruh besar...
    4 weeks ago
  • [Ngoceh Buku] Salju Part #3 - #IsiBuku *#SaljuOrhanPamuk* (209/731) . . Semakin berat makna isi dari pemikiran dan dialog Ka, tapi juga semakin menghanyutkan dalam pelitnya konflik. Ma...
    5 weeks ago
  • Ummu Salamah - “Di antara keutamaan istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah mereka lebih memilih Allah dan Rasul-Nya.” ~ h.19 Berpredikat Ummahatul ...
    1 month ago
  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    4 months ago

Popular Posts

Done!

2017 Reading Challenge

2017 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 100 books in 2017!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20