Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Sunday, March 21, 2010

Parodi Melanggar Hak Ciptakah?

Saat ini aku lagi mbaca buku "Gokil School Musical" yang ditulis oleh Oben Cedric dan Iwok Abqary. Baru selesai bab 1, kuakui aku tertawa dengan banyolan mereka. Segera ku-update status buku di Goodreads, "kocak!". Gak berapa lama muncul komentar dari salah temen GR,

"knapa ya, saia itu paling ilfil ama buku yg jelas-jelas "numpang" beken dr produk luar (misal e'pliss, new emon, tuilet, deesbe)...dr cover dan judul aja udah plagiat High School Musical, kan? kayak gini penulis+penerbit perlu ijin nggak sih? melanggar hak cipta nggak sih?"

Nah, aku sebagai manusia awam agak bingung jawabnya. Awalnya berpikir, kayaknya sih emang gak perlu ijin, tapi kalau masalah pelanggaran hak cipta, aku gak tau. Sempat numpang tanya ke Mbak Rini, dan jawabannya pun tak jauh berbeda.

Sebenernya fenomena "numpang" keren emang lagi hits. Banyak juga buku yang memarodikan buku yang sudah terkenal, seperti Ayat Amat Cinta, E'pliss, New Emon, Tuilet, The Da Peci Code, Maryam Ah Kapok, dan juga buku yang saat ini sedang kubaca, Gokil School Musical.

Jujur, aku masih kurang tau, apakah buku-buku ini hanya sekedar memplesetkan judul saja atau juga isinya karena aku belum pernah membaca buku-buku tersebut. Karena buku yang sekarang kubaca pun masih sebatas bab 1, jadi aku pun gak bisa menyimpulkan apakah isinya memplesetkan cerita "High School Musical".

Apakah mereka ber-"plagiat"? mungkin sementara ini aku bisa berkata, mungkin iya, tetapi sebatas ide. Nah, kalau sudah berbicara tentang ide, sepertinya sangat wajar jika ber-"plagiat", karena munculnya ide selalu diprakarsai dari apa yang sebelumnya sudah ada. Permasalahan plagiat masuk kategori berat apabila, eksekusi ide tersebut sama, dalam arti isi, alur dan konflik sama/mendekati sama dengan cerita yang asli.

Entahlah, apakah cuap-cuapku di atas bisa diterima. Sekarang, bagi siapa pun yang mungkin bisa menyanggah atau memberi tambahan, amat sangat diperkenankan ^^

kunjungi: http://wisata-buku.com
Share:

12 comments:

  1. numpang tenar/membonceng ketenaran, biasanya kalau ada cerita yang terkenal terus dikuti oleh orang lain dengan membuat judul yang hampir sama atau mirip gitu lo

    ReplyDelete
  2. Di negara kita, kayaknya hampir semua yang bisa dibajak pasti dibajak. Entah ditiru, entah diplagiat.

    Nggak yang barang2, nggak yang tulisan.
    Di pasaran jauh lebih banyak yang nggak asli ketimbang yg asli.

    Sampai2 alat tulispun, hampir 100% bajakan. Apalagi di kota kecil, nyari yg asli susahnya minta ampun.

    Sebagai contoh misalnya pensil 2B. Di toko2 kecil kebanyakan barang tiruan yg jauh dari standar.

    Nah kalau tentang tulisan atau buku saya sendiri nggak jelas batasannya. Kalau mbajak memang jelas, tapi kalau numpang beken memang orang mudah berkelit.

    Akhirnya kembali ke hati nurani kita.
    Kalau hati nurani saya sendiri (bukan dari sisi hukum) saya berpendapat sangat2 numpang!!!

    ReplyDelete
  3. aku pribadi sih kurang gitu suka baca buku ini, tapi kl emang bener" menghibur, mungkin suatu saat harus baca juga XD

    ReplyDelete
  4. Emang selama ini bajak membajak sudah jadi hal biasa bagi bangsa kita... Sayang sekali... :(

    ReplyDelete
  5. Mencari barang yang 'asli tapi palsu' di Indonesia gampang ya mbak..? *sedih*

    ReplyDelete
  6. tp kalau bajak buat sendiri gimana ?
    contoh sistem operasi yang harga aslinya sampai jutaan gimana tuh??

    ReplyDelete
  7. kalo menurut saya inspirasi itu boleh darimana aja, mau diambil dari nama plesetan holywood, toh nanti yang menentukan buku bagus atau tidak tetap ada di isi buku tersebut :)

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk judulnya saja barangkali karena si pembuat buku kurang pd sehingga memplesetkan judul yang sudah ngetop sebagai trik menarik minat pembaca, tapi kalau judul dan isinya sekaligus yang ditiru...wah sungguh terlalu...!!

    ReplyDelete
  9. yang penting isinya harus orisinal...

    ReplyDelete
  10. gak melanggar hak cipta dong. itu kan beda. cuma plesetan

    ReplyDelete
  11. itu namanya Epigon, klo gak salah lo
    btw book maniac bener kamu, aku aj baru mulai baca buku satu aj, kamu udah resensi beberapa buku dalam seminggu. Boleh tanya gak, kegiatan harianmu cuma baca buku doang ya, jadi pengen ni kebanyakan waktu luang hehehehehe


    ~mupengmodeon~

    PS: Selimut Debu by Agustinus Wibowo udah kebeli tapi belem sempet baca qqqqqq. Salam kenal ya ;=)

    ReplyDelete
  12. Yang protes itu adalah orang-orang yg tidak punya rasa humor karena sok serius dan sok pintar biar dianggap berwibawa.

    Judul dan Ide tidak dilindungi oleh Hak Cipta. Jadi meski sama, bukan sebuah plagiat.

    Dulu Project P dituntut karena plagiat musik. Memang benar lirik lagunya parodi, tapi musiknya sama dgn yg asli. Sesuai dengan hak cipta musik, kalau sama persis 9 bar, tetap dianggap plagiat.

    Kalau buku parodi mana ada yg sama isinya. Kalau sama berarti bukan plesetan lagi.

    Salam.

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    5 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    5 months ago
  • [Coretan Iseng] Pena Atau Mesin ?? - Ada petikan menarik dari buku 1Q84 Jilid 1, Kalimat yang persis sama, saat dibaca pada layar mesin ketik elektronik dan dibaca pada kertas, memberi kesan y...
    5 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20