Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Wednesday, April 29, 2009

Kenapa Harga Buku Mahal?

Beberapa hari kemarin Mbak Rini menanyakan pendapatku tentang harga sebuah buku mahal atau gak. Saat itu aku jawab, "tergantung kebutuhan...saat aku butuh bisa jadi itu buku murah, kalau aku sedang tidak butuh bisa jadi tuh buku mahal"

Kemudian Mbak Rini mengingatkanku, "hehehe...bukannya Sinta sering menilai mahal gaknya buku dari ketebalannya?" Hahahahaha...itu juga betul banget!! Kadang aku juga menilai mahal gaknya buku dengan membandingkan harga-harga buku setipe [ini lebih sering ke buku tutorial]

Gara-gara obrolan singkat ini, jadi bertanya, "Apa aja sih yang menjadi parameter mahal tidaknya sebuah buku??" Ada yang bisa ngasih pendapat? Sekalian buat observasi, kali aja bisa dibikin esai :P
Share:

14 comments:

  1. tebal buku juga menentukan ... isinya juga iya lhooo ... kalo cuma tumpukan koran itu mah murah ... heheh

    ReplyDelete
  2. Aku rasa yg plg menentukan: daya jual tuh buku. Buku yg tipis tapi dr pengarang top bisa lbh mahal dr buku tebel yg ga populer (di negara kita, coz di Amrik mgkn populer). Contoh: Tales of Beedle the Bard yg tipis tp mahal (aku curiga jgn2 buku ini yg kasih ide km ttg harga buku yah?? Hayo..ngaku!). Itu kalo secara umum.

    Kalo secara pribadi, nilai buku itu bagi kita jg menentukan. Kpn hr aku lg liat2 novel Sandra Brown. Wkt kuliat label harganya, waaa...75rb?? buat sebuah novel biasa??? Akhirnya aku taruh kembali di rak, dan akhirnya beli buku non fiksi Wikinomics yg hardcover, kertasnya tebel, dan isinya sangat menarik bagiku. Harganya: 100rb lbh dikit (lupa tepatnya). Dan aku menganggap harga itu murah...

    Kesimpulannya? Kamu aja deh Sin, kan kamu yg mo bikin observasi...

    ReplyDelete
  3. hehehe..apa yah??..secara kalo beli buku gak liat2 harga, soalnya memang lg pengen baca buku tsb.
    tp secara umum memang harganya mahal2 ya, mmm..mngkn krn sumber daya bahan pembuat kertasnya sdh menipis..

    ReplyDelete
  4. apalagi pas musim dekat2 ujian, pasti harga buku pasti melambung...huh bikin sebel deh

    ReplyDelete
  5. Menurutku kebanyakan buku emang mahal...
    Tapi kalau emang lagi kepengen sih tetap aja nekad beli, meski harganya mahal.
    Harusnya mulai dipikirkan untuk membuat harga buku jadi murah ya ?? Biar rakyat Indonesia jadi pinter semua...

    ReplyDelete
  6. kenapa harga buku mahal?
    soalnya banyak muncul pengarang buku,jadi saling berlomba buat buku yang bagus,bukan bagus isinya doang tapi kertasnya juga bagus-bagus.

    ReplyDelete
  7. kalau dari segi harga nilai buku masih tetap : dari mana asalnya dan gimana tebelnya hehehe. Buku terjemaahan yang tebel lebih mahal kayaknya.

    kalau dari segi kegunaannya, mmmm gak tau hehehe, mba sinta lebih pinter donk ah :D

    ReplyDelete
  8. Hmm... klo diriku menilai dari isinya sebenernya
    misal ada buku yang membahas tentang Microsoft word dengan harga 100rb tentu diriku beranggapan sangat mahal

    tapi klo ada buku cara membuat website seharga 100rb dengan ketebalan dankwalitas fisik yang sama pasti diriku bilang murah

    ReplyDelete
  9. kalo menurutku sih karena tebalnya buku dan kualitas bahan yg digunakan.
    Selain itu bisa juga karena isi yang ditawarkan sangat bagus dan jg pengarangnya yg terkenal.
    Klo buku mahal tpi isinya bagus sih gpp kuk buat dibeli, kan kita jg untung dapet ilmunya,

    tpi kalo g kuat buat beli, pinjem aja tuh,,hehehehe...

    ReplyDelete
  10. kalo menurutku sih karena tebalnya buku dan kualitas bahan yg digunakan.
    Selain itu bisa juga karena isi yang ditawarkan sangat bagus dan jg pengarangnya yg terkenal.
    Klo buku mahal tpi isinya bagus sih gpp kuk buat dibeli, kan kita jg untung dapet ilmunya,

    tpi kalo g kuat buat beli, pinjem aja tuh,,hehehehe...

    ReplyDelete
  11. mm,,kayaknya ketebalan buku jadi alasan yang paling memungkinkan. Selain itu bisa juga kalo buku itu masih belum diterjemahkan (masih dalam bahasa asli)

    ReplyDelete
  12. Mbak Fanda, bukan buku itu koq. Tapi buku karangan Pak Dendy Sugono yang baru terbit di GPU, baca di milis selintas..lupa sih berapa harganya tapi memang tampak berguna:)

    ReplyDelete
  13. buku di negeri ini mahal karena memang menggunakan bahan kertas yg mahal. skrg gramedia pustaka utama sdh mulai menggunakan kertas murah (meskipun bukunya tebal, terasa ringan/tidak berat) dan tentu saja harga buku jd murah. Kalau mau sabar, nunggu saja saat ada diskon besar2n (biasanya nyampe 70%) di sana bisa didapatkan buku2 yg bagus.

    ReplyDelete
  14. iya ya..
    knp harga buku di indonesia tuh mahal bgt..
    gmn org2nya mau rajin baca buku, org harganya aja mahal..
    klo bisa buku dimurahin... klo bisa diigratiskan.. hehe..

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20