Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Wednesday, April 6, 2016

Memahat Kata Memugar Dunia (Buku 1)

Judul: Memahat Kata Memugar Dunia (Buku 1)
Editor: Ary Nilandari
 Penerbit: MLC
Cetak: Pertama, September 2005
Tebal: 400 hlm
Bintang: 4/5
Harga: Rp. -


Ketika kita menggunakan kata-kata, kita dapat menjaga pikiran kita selalu hidup. Menulis adalah caraku untuk menegaskan kembali keberadaan diriku (Gao Xingjian h. 178)
Menulis adalah salah satu cara untuk mencetak pikiran dan buku ini menampilkan kumpulan kisah tokoh yang berhasil atau dikenal secara luas melalui cetakan pikirannya. Lima puluh tokoh yang disajikan dalam seri pertama Memahat Kata Memugar Dunia ini, berasal dari bidang yang berbeda, tapi memiliki kesamaan dalam dunia tulis-menulis.

Konsep pembagian babnya menarik, menurutku. Editor memilah tokoh-tokoh dalam setiap bab dengan dianalogikan sebagai struktur sebuah bangunan/rumah. Dimana para tokoh dianggap mewakili 'pembenahan' struktur melalui pemikiran dan tulisan mereka.
Terlepas dari jenis karya mereka... 101 orang tokoh ini telah memahat kata menjadi karya-karya luar biasa yang membawa perubahan... . Dunia pun ibarat sebuah bangunan. Ketika ia diperbaiki, direnovasi, dipugar, pasti ada orang-orang tertentu yang mengerjakan bagian-bagiannya secara khusus (Pengantar Editor h. xv)
Fondasi, Pilar, Balkon, Playground, Pewarnaan, dan Ventilasi, adalah nama bab yang dipakai ada bagian pertama buku ini. Fondasi berisikan tokoh yang mengawali pemikiran/sains yang berkembang saat ini, sebagian besar diisi oleh para ulama Islam yang hidup di zaman Abbasiyah. Pilar memuat para pemikir yang memperjuangkan kemanusiaan, keadilan, dan kemerdekaan, baik melalui karya maupun tindakan nyata.
Karya sastra yang tidak mengembuskan napas masyarakat kontemporer, yang tidak berani menyampaikan rasa sakit dan ketakutan masyarakatnya, yang tidak memberikan peringatan sejak dini tentang ancaman bahaya moral dan sosial --- Karya sastra seperti itu tidak layak diberi nama sastra. (Aleksandr Solzhebitsyn h.215)
Balkon menjadi bagian yang menarik, hampir sejenis dengan perjuangan dari tokoh di Bab Pilar, tapi kali ini, pemikiran mereka dituangkan melalui karya sastra, yang tak luput dari anugerah nobel. 'Struktur' yang menyenangkan adalah Playground dan Pewarnaan. Bab ini berisikan para penulis cerita anak dan komik yang karyanya tak lekang dan beberapa masih menjadi incaran setiap generasi.

Terakhir Bab Ventilasi, bagian inilah yang saya kurang paham benang merah diantara tokohnya. Jika saya tidak salah menangkap, para tokoh dalam bab ini memberikan 'angin segar' dalam bidang yang digelutinya. Semua tokoh yang dikisahkan dari buku, hanya semacam petikan kecil dari perjalanan hidup mereka. Meski begitu, semangat, perjuangan, dan inspirasinya tetap bisa tertangkap di setiap kisahnya.

Buku ini memperkenalkan tokoh-tokoh yang sebelumnya tidak saya kenal atau hanya sekadar tahu nama. Hasilnya, saya menjadi memiliki keinginan untuk mengenal lebih jauh beberapa tokoh atau membaca karya mereka yang tak hanya fenomenal, tapi kerap membuka mata dunia.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Ummu Salamah - “Di antara keutamaan istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah mereka lebih memilih Allah dan Rasul-Nya.” ~ h.19 Berpredikat Ummahatul ...
    19 hours ago
  • [Ngoceh Buku] Honeymoon for Sophie Part #1 - #ObrolinBuku #HoneymoonForSophie (100/264) Desain sampul cantik, alasan yang buatku memilih buku ini untuk diambil saat butuh bacaan super ringan. Dan, t...
    1 day ago
  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    2 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    9 months ago

Popular Posts

Done!

2017 Reading Challenge

2017 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 100 books in 2017!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20