Si Buaya Raksasa

Si Buaya Raksasa, binatang menyeramkan dengan gigi tajam yang berderet siap menelan mangsanya. Hari itu, Buaya Raksasa dengan jumawa mengatakan pada Buaya Tak Terlalu Besar, bahwa dia akan memakan anak kecil.

Dimulailah perjalanan Si Buaya Raksasa melintasi hutan menuju kota dimana anak-anak kecil berkeliaran. Dia telah menyiapkan 'taktik cerdik' supaya perutnya kenyang dengan daging lembut nan nikmat. Yummy!

Salah satu yang saya suka dalam kisah Si Buaya Raksasa ini adalah sajak berima yang diucapkan selama perjalanan di hutan. Belum lagi taktik cerdik yang memang terasa cerdik dituliskan oleh Roald Dahl, saya tidak menyangka akan seperti itu taktiknya #tertawa. Tapi yang namanya niat jahat, pasti akan menemukan kegagalan.

Meski layak dibaca anak-anak, fabel ini tetaplah membutuhkan bimbingan orang tua. Akhir ceritanya bisa jadi terasa tidak masuk akal bagi orang dewasa, tapi akan menyenangkan untuk imajinasi anak-anak, sekaligus dapat bermakna, supaya kita selalu melemparkan jauh-jauh pikiran dan niat jahat.

Judul: Si Buaya Raksasa
Judul Asli: The Enormous Crocodile
Penulis: Roald Dahl
Penerjemah: Poppy Damayanti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: 2006
Tebal: 64 hlm
Bintang: 4/5

Comments

Post a Comment

What Do You Things?