Asyiknya Belajar Biologi Dengan Dao dan Baeci



Biologi adalah salah satu pelajaran yang paling tidak saya sukai, meski saat SMU masuk di jurusan IPA. Banyaknya yang musti dihafal menjadi alasan utama ketidaksukaan saya, ditambah lagi dengan istilah-istilah yang banyak di setiap materinya. Untuk orang yang tidak bisa diandalkan daya ingatnya seperti saya, butuh perjuangan lebih untuk bisa menyerap pelajaran yang sangat berhubungan dengan makhluk hidup. 

Tapi bukan berarti saya jadi anti-Biologi, karena banyak tambahan ilmu tentang jaringan dalam tubuh manusia yang, subhanallah, memperlihatkan kehebatan Sang Pencipta. Dan rasa syukur tersebut semakin besar ketika disertai dengan pemahaman yang lebih. Nah, bersama Dao dan Baeci, saya kembali 'mengeruk' sisa-sisa ingatan materi biologi saat SMP/SMU.

Kali ini, materi Biologi tak sepenat dahulu yang dipenuhi dengan teks dan gambar yang monoton. Dae dan Baeci mengajak saya untuk mengenal jaringan dan struktur tubuh dalam makhluk hidup [manusia dan tanaman] melalui komik warna-warni. Benar-benar menyegarkan dan menyenangkan mata. Ketika menjelaskan tentang jaringan dalam tubuh, mereka akan mengecil dengan bantuan alat dan masuk ke dalam tubuh. Masukkan Dao/Baeci jadi lebih memudahkan kepalaku untuk menyerap apa manfaat masing-masing komponen tubuh. Aiyo, luar biasa ciptaan Allah ini.

Hampir seluruh organ tubuh manusia dan tumbuhan dijabarkan dengan tanya jawab yang diselingi kelucuan komentar Dao atau Baeci kepada Naru. Naru sendiri adalah tokoh anak yang memanggil Dao dan Baeci karena ingin tahu tentang makhluk hidup.Dari struktur makhluk hidup, sistem pencernaan, hormon, sampai reproduksi semua disampaikan dengan jelas, meski saya masih tetap tidak dapat mengingat istilah-istilah ilmiahnya. hehe...


33 Fakta Seru Makhluk Hidup, cocok sekali untuk siswa SMP/SMU supaya lebih mudah mencerna materi biologi dengan cara yang lebih menyenangkan.

Judul: 33 Fakta Seru Makhluk Hidup
Penulis: Ye Young & Shin Jae Hwan
Penerjemah: Yohan Ardiyanto
Penerbit: Kaifa Publishing
Cetak: Pertama, Maret 2012
Tebal: 232 hlm
Bintang:4.5/5

Comments

  1. biologi merupakan mapel yang aku suka waktu sekolah

    ReplyDelete
  2. waw... jempol pak, saya memang tidak suka dengan pelajaran yang utuh daya ingat lebih :|

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?