Tales From The Road

Pinjam Mbak Dee

Traveling memang paling afdol jika membaur dengan masyarakat asli. Itulah yang saya rasakan sepanjang membaca petualangan Tita di dalam juga luar negeri. Dari pengakuan penulis, latar belakang pendidikannya, antropologi, sangat mendukung kebiasaan menyenangkan tersebut. Bab People, Culture Heritage, ruang Matatita banyak bercerita tentang pembaurannya dengan masyarakat tempatnya "melancong".

Petualangan Matatita diceritakan dengan gaya santai tapi menambah pengetahuan tentang kondisi dan kebiasaan sesuatu daerah, ditambah dengan tips-tips yang akan sangat bermanfaat bagi para penggila backpacker. Bab Travel Tols & Security banyak menawarkan tips-tips yang perlu diperhatikan sebelum berangkat, seperti tips online booking, tips on road, tips international roaming, dll.


Bab Transport, Accommodation, Food, menyimpan cerita-cerita yang menurutku paling menghibur, seperti Sensasi di Atas Angkot, Natural Snack, dan Host and Guest. Bagi saya yang bukan seorang backpacker, saat tahu bahwa hampir di setiap negara, bahkan kota, ada host, orang yang bersedia memberikan tumpangan menginap untuk para traveller, adalah pengetahuan baru yang membuat dunia 'jalan-jalan' terasa semakin seru dan WAH!

Masih ada satu bab lagi, On the Road, yang banyak berbicara tentang pengalaman Matatita dalam menempuh perjalanan ke suatu tempat.  Kekurangan dalam buku ini adalah dukungan foto yang masih sedikit, padahal banyak cerita tempat atau suasana yang sepertinya akan lebih mengena jika didukung banyak gambar.

Judul: Tales From The Road 
Penulis: Matatita
Penyunting: Dhewiberta 
Penerbit: B First
Cetak: Pertama, Juni 2009
Tebal: xii+234 hlm
Bintang: 3/5

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments

  1. wah theme blognya baru lagi :D
    ini jalan-jalan ke negara mana mbak?

    ReplyDelete
  2. hehehe... iya nih, cari suasana baruuw!

    banyak Lis, diantaranya Bali, Nepal, Edinburgh, Yogya, dll

    ReplyDelete
  3. Apa kabar mbak lama gak menyapa ya

    ReplyDelete
  4. iya Mbak, sejak MP bubaran jadi jarang sapaan ya. Alhamdulillah kabar sehat :)

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?