Sherlock Holmes & Anjing Iblis Keluarga Baskerville

Cover Novel [Sumber:: Koleksi Pribadi]
"Dunia penuh hal-hal gamblang yang tidak pernah diamati orang" [h.53]
Salah satu yang kusuka dari karakter Sherlock Holmes adalah perhatiannya pada hal-hal kecil dalam menilai sesuatu, baik benda maupun manusia. Kecermatannya inilah yang seringkali menjadi kunci terungkapnya sebuah kasus, dan pastinya membuat pembaca, khususnya saya, terseponah!

Berpuluh-puluh tahun sebuah kutukan menghantui keluarga Baskervilles. Sosok dan suara anjing hitam, bertubuh besar kerap diisukan muncul di rawa-rawa dekat rumah keluarga Baskervilles. Kematian Sir Charles Baskervilles, kembali memunculkan kutukan Anjing Iblis. Kedatangan Dr. James Montimer, dokter yang merawat Sir Charles, ke Baker Street, untuk menemui Sherlock Holmes, dipenuhi perasaan aneh dan bingung atas kematian pasiennya. Kematian Sir Charles meninggalkan warisan yang sangat besar, dan satu-satunya pewaris yang ditemukan adalah Sir Henry. Sayangnya, Sir Henry tak hanya mewarisi pundi-pundi kekayaan tapi juga kutukan yang membayangi setiap keturunan Baskervilles.

Sejak halaman pertama, keunggulan karakter Sherlock Holmes sudah ditampilkan. Analisa detail SH tentang karakter seseorang lewat tongkat yang tertinggal di rumahnya, berhasil memancing rasa ketagihan untuk lebih banyak lagi 'berjumpa' dengan analisa tokoh detektif eksentrik ini. Meski sebagian besar cerita dituturkan lewat sudut pandang Dr. Watson, pasangan setia Sherlock Holmes, sama sekali tidak mengurangi keseruan sekaligus kerumitan kasus. Suasana yang sempat membuat jantung dagdigdug adalah saat Dr. Watson mendengar suara lirih tangisan di luar kamar, juga saat pengejaran narapidana yang berujung dengan munculnya sepintas sosok gelap di batuan tinggi.

LayOut Novel [Sumber:: Koleksi Pribadi]
Novel detektif yang berjudul asli The Hound of The Baskervilles, sudah diterbitkan oleh beberapa penerbit di Indonesia. Namun, berbeda dengan penerbit lainnya, layout dari visimedia menambah suasana mencekam selama membaca. Bagaimana tidak, melihat mata anjing dengan sorot mengancam di setiap lembarannya, serasa ada yang mengawasi sepanjang membaca petualangan pengungkapan misteri anjing iblis.

Judul: Sherlock Holmes dan Anjing Iblis Keluarga Baskervilles
Judul Asli: The Hound of The Baskervilles
Penulis: Sir Arthur Conan Doyle
Penerjemah: Dina Begum
Penerbit: VisiMedia
Cetak: Pertama, Januari 2013
Tebal: xii + 340 hlm
Bintang: 4/5

Resensi diikutkan dalam A Reading Challenges Mistery Bulan Maret 2013



:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments

Post a Comment

What Do You Things?