Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Tuesday, March 19, 2013

Life of Pi


Kisah nyata atau sekadar imajinasi belaka? Setelah menuntaskan Life of Pi, saya benar-benar tidak tahu harus menyimpulkan nyata tidaknya kisah petualangan Pi Patel terombang-ambing di atas laut bersama harimau bengal selama hampir setahun. Namun, semangat dan keyakinan Pi Patel akan kemampuannya untuk bertahan hidup terpancar kuat dalam cerita kehidupannya di atas rakit dan sekoci.

Tepatnya, 2 Juli 1977 kapal yang ditumpangi Pi bersama keluarganya tenggelam dengan sebab yang tidak jelas. Hanya Pi, seekor hyena, zebra, orang utan, dan harimau bengal yang berhasil terhindar dari bencana dengan menaiki sekoci.Slogan siapa kuat, dia yang bertahan berlaku dalam sekoci, hingga hanya tersisa Pi dan harimau bengal, bernama Richard Parker. Pi harus menggunakan segenap akal dan tenaganya untuk "menaklukkan" Richard Parker yang kerap mengalami mabuk laut.

Sebagai putra dari pemilik kebun binatang, Pi cukup memiliki pengetahuan bagaimana prilaku, menghadapi, dan memperlakukan binatang. Namun, masalah yang dihadapi Pi tidak hanya dengan sang harimau perkasa tersebut, masih ada "tingkah polah" laut dan kebutuhan Pi sendiri agar dapat bertahan hidup.

Pi Patel adalah anak keturunan India beragam Hindu yang memiliki keingintahuan terutama dari sisi spiritual. Keingintahuan yang besar menggiring Pi Patel untuk berkenalan dengan agama lain, Islam dan Kristen. Dari sanalah sebagian besar pembaca kemudian lebih menitikberatkan Kisah Pi pada sisi pluralisme, tapi menurut saya pribadi melihat novel ini lebih banyak berbicara tentang empati manusia terhadap binatang, harapan hidup yang sangat besar, dan keindahan [baca: kekuatan] luar biasa yang memperlihatkan kebesaran sang Kuasa.

Judul: Kisah Pi
Judul Asli: Life of Pi
Penulis: Yann Martel
Penerjemah: Tanti Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Keempat, November 2007
Tebal: 448 hlm
Bintang: 4/5

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::
Share:

6 comments:

  1. Wah, ternyata cover aslinya seperti itu ya? Yang punya saya covernya udah pake gambar yang dari film..

    Yang saya suka dari buku ini adalah petualangannya. Juga ironinya, di mana Pi justru mendapatkan semangat hidup dengan keberadaan Richard Parker - harimau yang setiap saat bisa menghabisi nyawanya.
    Tapi saya kurang suka cara dia 'menyamakan' agama di bagian-bagian awal cerita.

    ReplyDelete
  2. ah ya, aku juga suka bagian itu... keliatan banget rasa sayangnya Pi ma Richard Parker pas pisah. Sedih

    ReplyDelete
  3. Aku sampe skg masih blm baca mba. Menurutmu bagus buku atau filmnya?

    ReplyDelete
  4. aku belum nonton filmnya, Ky, jadi gak bisa bandingin

    ReplyDelete
  5. Udah nonton filmnya, tapi belum baca bukunya. Filmnya sih keren, sinematorafinya bagus. Yah, tipikal film-film penerima Oscar lah.

    ReplyDelete
  6. hehehe... namanya juga peraih oscar, kapan2 perlu baca bukunya Teh Sky

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Teruslah Bertanya … - #CeritaBuku #DuniaSophie ​[511/785] ‘Tapi akan selalu menjadi watak dari akal manusia untuk menanyakan dari mana bola itu berasal. Itulah sebabnya mengapa ...
    2 weeks ago
  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    7 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    7 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20