Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Thursday, December 13, 2012

Tofi, Pemburuan Bintang Sirius

Pinjam dari Mbak Desty
"Smart is not enough. Kecerdasan tanpa hati nurani hanya akan membuat dunia sengsara." [h. 291]
Nyesel juga tidak ikut mendaftarkan diri menjadi firstreader karena ternyata saya suka dengan petualangan Tofi, Pemburuan Bintang Sirius. Nama Prof. Yohabes sendiri sudah saya kenal lewat bukunya berjudul Mestakung dan dedikasinya pada dunia pendidikan dan sains, terutama fisika. Agak tidak menyangka juga saat  Prof. Yohanes Surya bakalan menelurkan sebuah buku berjenis fiksi, bahkan sempat underestimated bakalan menarik, ternyata saya salah besar!!

Tofi, salah satu remaja, calon ilmuwan muda yang tinggal di Pulau Kencana, sebuah kawasan yang menjadi percontohan dan telah memiliki teknologi yang canggih. Namun, keinginan Tofi menjadi ilmuwan terus beririsan dengan beban mental ketika orang-orang memandangnya sebagai anak dari peraih penghargaan nobel sains, Prof. Yomosi. Dunia remaja tak luput dengan persahabatan dan persaingan, begitupun dengan Tofi, Rahul, William, dan Billy yang kudu berhadapan dengan musuh abadinya, Jupiter bersama 'satelit'nya, yang sepertinya bakalan jadi konflik berkepanjang dari seri  ke seri.

Permasalahan tidak hanya terjadi di Pulau Kencana, kompetisi Science to Generation menjadi tempat pertarungan antar wilayah demi memperebutkan prestasi dan uang sebesar 25.000 dolar. Tofi dkk membutuhkan uang tersebut agar klub Fosfor dapat mandiri tanpa tergantung pada kucuran dana dari Para Newtonian yang selalu arogan. Berangkatlah para perwakilan dari Pulau Kencana ke Bandung, meski sebelumnya Tofi harus berhadapan dengan fitnah penghancuran jaringan internet se-Pulau Kencana.

Kompetisi yang awalnya dikira hanya perlombaan sains antara daerah ternyata menghubungkan pada misteri pembunuhan masa silam, perebutan 'kunci' kekuasaan, dan konspirasi. Aneka konflik bermunculan dalam buku ini, mungkin bisa dibilang padat konflik karena hadirnya beruntun. Untungnya, tidak membuat cerita menjadi membingungkan. Buku hasil olahan sains, kompetisi, cinta, dan misteri yang terbalut dalam cerita fiksi ini, berhasil membuat saya penasaran.

Kebingungan saya muncul saat harus mengingat tokohnya menurutku tergolong banyak, terutama ketika harus mengingat nama dari masing-masing kontingen perwakilan setiap daerah dalam perlombaan Science to Generation. Ditambah lagi, dalam buku yang masih berbentuk draft ini, saya agak tersiksa dengan pilihan hurufnya, cukup membuat saya harus sesekali berhenti membacanya. Tapi untuk buku revisinya, saya kurang tahu apakah penerbit masih menggunakan huruf tersebut.

Terlepas dari kekurangannya, saya suka bagaimana penulis-penulisnya menggabungkan dunia remaja dan orang dewasa dalam satu cerita dengan takaran yang hampir sama rata. Well, karena petualangan Tofi masih menyisakan banyak misteri, sudah pasti saya menunggu seri selanjutnya.

Judul: Tofi, Pemburuan Bintang Sirius
Penulis: Prof. Yohanes Surya, Ellen Conny, & Sylvia Lim
Editor: Dr. Lies Dwiarti
Penerbit: PT. Kandel
Cetak: 2012
Tebal: 832 hlm
Bintang: 5/5

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku atau Dagang Buku yuk! ::
Share:

3 comments:

  1. berarti harus beli bukunya dong mbak untuk dikoleksi :)

    ReplyDelete
  2. Wow, ada pembunuhannya juga yah. Kayaknya kok seru~

    ReplyDelete
  3. @desty: iya nih Mbak, pengen beli bukunya, cuman ternyata bagian1 dan 2 itu dijual terpisah dan harga2nya lumayan bobol dompet :D

    @oky: iya Ky, bagus kok :)

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    5 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    5 months ago
  • [Coretan Iseng] Pena Atau Mesin ?? - Ada petikan menarik dari buku 1Q84 Jilid 1, Kalimat yang persis sama, saat dibaca pada layar mesin ketik elektronik dan dibaca pada kertas, memberi kesan y...
    6 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20