Single Mother Double Fighter


"Nak, surgamu ada di bawah telapak kakiku. Dan, surgaku ada di dalam lafal doa dan kesolehanmu. Semoga kita bisa bertemu di sana. Amin" [h.128]
 

Saya terkesima dengan kalimat yang teruntai dalam salah satu cerita antara sang penulis dengan anaknya, Teh Sky dan Salwa. Kalimat sederhana yang membuat saya merenung, meski besar peran seorang Ibu, tapi bukan berarti orangtua lebih jumawa dari sang anak. Meski terlihat polos dan tanpa pertimbangan, anak-anak bisa menjadi figur yang  menyimpan kecerdasan yang tak terduga. Kecerdasan dan ceplas-ceplosnya mulut bocah perempuan bernama Salwa inilah yang sebagian besar tercoretkan dalam buku Single Mother Double Fighter.
 

Memiliki anak yang sudah memasuki usia aktif, susah-susah gampang. Meski saya baru memiliki anak berusia 14 bulan, tapi sebagai anak sulung yang pernah memiliki adik dengan usia tersebut, lumayan bisa membayangkan The Sky bisa dibuat mati kutu, speechless, dan terkagum-kagum dengan polah Salwa yang sepertinya tak kenal batas. Tapi, jangan berharap akan menemukan narasi yang muluk-muluk tentang hubungan ibu-anak dalam buku ini karena sebagian besar berisikan dialog. Bukan sembarang dialog lho! Karena dari obrolan yang terkesan sembarangan ini kita akan diajak untuk berpikir dan belajar mengenal cara berpikir seorang anak.




Secuil bagian buku yang menarik dan lucu bagiku,

Gue: Emang kamu tau dari mana kalau orang melahirkan suka teriak-teriak?
Salwa: Di sinetron
Gue: *nah kan…

[h.121] – Kemampuan anak merekam sekitarnya emang dahsyat! Be careful, Wahai Orangtua

Gue: Terus apa kabarnya dengan dokter kandungan?
Salwa: [mikir dulu bentar] Kata Bunda boleh punya cita-cita banyak
Gue: Tapi kan, dokter kandungan ama dokter hewan itu enggak nyambung, Non
Salwa: Kan kelinci juga bisa hamil Bun

[h.125] – Cerdas!

Salwa: Malaikat itu bentuknya kayak gimana sih?
Gue: Enggak tahu. Enggak pernah lihat
Salwa: Ada sayapnya kan?
Gue: Setau Bunda sih ada
Salwa: Katanya, enggak pernah lihat, kok tahu?
Gue: …

[h. 135] – Wakakakakak!

Oiya, satu lagi, saya acungkan jempol untuk desainer sampulnya. Konsep yang memperlihatkan tugas seorang ibu yang tidak ringan, tanpa kehilangan sisi humornya.
 


Judul: Single Mother Double Fighter
Penulis: Skylashtar Maryam
Penyunting: fLo
Penerbit: Gradien
Cetak: 2012
Tebal: 208 hlm
Bintang: ***
Hadiah dari Teh Sky
*foto nyulik dari FB Teh Sky, semoga diijinkan ^_^

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments