Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Sunday, October 14, 2012

The Notting Hill Mystery

Pinjam: Sulis [@peri_hutan]
Novel detektif pertama di dunia. Bagi penggemar bacaan detektif sudah pasti akan tertarik dengan kalimat yang nangkring di sampul depan, buku The Notting Hill Mystery. Saya pun penasaran ketika pertama kali melihat buku ini di website Penerbit Visi Media. Hanya saja, kurang sreg dengan desain sampulnya yang menurutku kurang terasa aura misteri. 

Kisah misteri ini dimulai dari keinginan sebuah perusahaan asuransi menyelidiki salah satu kliennya, Baron R. Ralph Henderson, seorang detektif yang dipilih untuk menangani kasus polis asuransi bernilai ribuan poundsterling. Keganjilan mulai dilaporkan detektif Ralph kepada pihak asuransi dalam bentuk  korespondensi. Kasus menjadi semakin menarik ketika ditemukan keterkaitannya dengan kisah masa lalu dan perkara kematian suami-istri Anderson yang sempat ditutup tanpa penyelesaian.

Sumber Gambar
Gaya penceritaan dengan cara korespondensi menjadi menarik bagi saya karena selama ini jarang menemukan buku berjenis detektif yang penulis yang memakai model seperti ini. Pengungkapan kasus disampaikan lewat surat hasil wawancara/pernyataan saksi/ orang yang terkait, surat menyurat yang terjadi pada masa lalu/ kini, dan buku harian. Kenikmatan membaca pun tak lepas dari kemampuan penerjemah mengalih-bahasakan cerita klasik ini dengan baik.  Jadi tidak sia-sia juga perjuangan penerjemah untuk memberikan kemudahan pembaca mencerna isi cerita [baca: link].

Sebenarnya pelaku antagonis sudah disampaikan sejak awal, alur penipuan pelaku pun mulai terbaca sejak pertengahan cerita, tapi yang membuat saya ingin menuntaskan buku ini adalah bagaimana cara penulis menguak perkara lewat laporan-laporan detektif Ralph yang "hanya" berupa lembaran kertas yang menurutku cukup rumit. Bagi saya, yang malas disuruh mengingat angka, bagian yang agak menyebalkan dalam buku ini adalah keinginan penulis agar pembaca mengingat tanggal-tanggal dan memperhatikan keterkaitan laporan satu dengan yang lain, terlihat dari catatan kaki.

Tak hanya gaya penceritaan yang menarik, profil dari penulis pun tak kalah unik. Hampir 150 tahun sosoknya menjadi misteri karena ketiadaan bukti-bukti yang menghubungkan penulis dan pihak penerbit. Majalah Once a Week adalah media pertama yang menerbitkan The Notting Hill Mystery dalam bentuk serial dan kemisterian tersebut baru terungkap pada tahun 2011. Hebat ya cara penulis menyembunyikan identitasnya.

Judul: The Notting Hill Mystery
Penulis: Charles Felix
Penerjemah: Lulu Fitri Rahman
Penerbit: VisiMedia
Cetak: Pertama, Juli 2012
Tebal: xii + 252 hlm
Bintang: 4/5

Resensi yang lainnya:
Goodreads | Kutu Bokek


:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku atau Dagang Buku yuk! ::
Share:

6 comments:

  1. PERPUSTAKAAN AJAIB BIBBI BOKKEN karya Jostein Gaarder juga memakai teknik korespondensi lho. Sudah baca?

    ReplyDelete
  2. belum baca perpustakaan bikki bokken, padahal bukunya udah lama punya :D

    setahuku yang banyak pake gaya korespondensi/buku harian itu chicklit/teenlit, tapi kalo buku detektif seringnya tokoh digambarkan langsung dari lapangan *bahasanya rada ajaib* :P

    ReplyDelete
  3. ak agak susah mencerna buku ini, bukan karna terjemahannya karena ak emang orangnya lola (loading lama)hehehe, jadi yah cepet bosen, lagian baru kali ini baca buku detektif dan isinya korespondensi, ak g terlalu suka. semoga aja g kapok baca buku bergenre kayak gini :)

    ReplyDelete
  4. hehehe...iya, emang perlu tenaga ekstra kalau membaca jenis buku yang jarang 'disentuh'

    ReplyDelete
  5. Penulisnya keren ya. Bener2 ngaja pembaca untuk ikutan menebak misterinya dg cara yg unik

    ReplyDelete
  6. iya, uniknya metode ini dilakukan saat belum ada buku berjenis detektif

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    5 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    5 months ago
  • [Coretan Iseng] Pena Atau Mesin ?? - Ada petikan menarik dari buku 1Q84 Jilid 1, Kalimat yang persis sama, saat dibaca pada layar mesin ketik elektronik dan dibaca pada kertas, memberi kesan y...
    6 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20