Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Wednesday, September 26, 2012

The Unknown Errors of Our Lives



Chitra Banerjee Divakaruni sudah lumayan lama saya kenal. Saat kuliah saya sempat mengenalnya dari novel Sister of My Heart, hanya saja saat itu belum tuntas dibaca harus kembali pada sang empunya. Kembali bertemu dengan nama Divakaruni saat Mbak Rini merekomendasikan The Palace of Illusions. Sejak itu, koleksi novel terjemahan dari Divakaruni mulai berderet di rak buku, sayangnya baru sekadar 'nampang'. Jadi, reminder buat saya untuk menuntaskan timbunan supaya tidak sampai mubadzir buku.

Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita, salah satu judul terpanjang buku yang pernah saya baca, setelah buku Tere Liye yang berjudul Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Hujan. Kumpulan cerita dalam buku ini menggambarkan kehidupan para imigran dari India, yang semuanya mengambil sudut pandang perempuan. Sebagian besar bertutur tentang keluarga dengan pergulatan batin, pertengkaran, cinta kasih, dan segala tanya atas diri masing-masing. 

Cover Asli
Kumpulan cerita dibuka dengan kisah Nyonya Dutta Menulis Surat. Sebagai pembuka, cerita tentang ketidak-betahan Nyonya Dutta tinggal bersama keluarga putranya di Amerika, langsung memperlihatkan benturan budaya yang kuat antara India dan Amerika. Benturan-benturan inilah yang kemudian menjadi sentral cerita-cerita selanjutnya yang dituturkan seorang ibu, kakak, istri, saudara, dan anak-anak. 

Salah satu budaya yang cukup kuat dalam masyarakat India, terpercik dalam cerita Leela dan Nyonya Das, yang mempertanyakan akan nasib dan takdir yang kerap membingungkan mereka, apakah harus menganggapnya keberuntungan atau bukan, menganggapnya benar ataukah hanya ocehan belaka. Kisah Kehidupan Orang-Orang Asing mencerminkan  kondisi tersebut.

Selain kisah Nyonya Dutta, saya menyukai cerpen Apa yang Diketahui Tubuh. Ceritanya sedikit menggelitik dan apa adanya, agak 'menyimpang' dibandingkan cerpen yang lain. Kondisi Aparna menggambarkan tentang perasaan pun bisa beralih kepada orang lain tanpa disangka-sangka, bahkan ketika berada pada posisi: telah menikah. Meski begitu, manusialah pemegang kendali segala yang terjadi dalam tubuhnya, tersirat dari keputusan Aparna di akhir cerita.

Chitra B Divakaruni
Pengalaman pertama membaca tuntas karya Chitra B. Divakaruni ada rasa terkesan, tapi juga bingung. Ada beberapa cerita yang tidak bisa saya tangkap maksudnya, dalam sekali baca. Tetapi, jika mau bersabar dan mengulang bacaan bakalan ada hikmah yang tergali dan layak direkam dalam kepala. Selain itu, keanggunan Divakaruni dalam menjalin kata akan terlihat setiap kali saya membaca cerpen yang sebagian besar menyimpan kegetiran. 

Info Penulis:

Lahir di Calcutta, India. Pada usia sembilan belas tahun ia pindah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan sekolah. Tahun 1976 ia kuliah S2 Bahasa Inggris di Wright State University, Ohio, dan setelah itu melanjutkannya dengan kuliah S3 di University of California di Berkeley. Chitra Divakaruni saat ini bekerja sebagai dosen penulisan kreatif dan bahasa Inggris di University of Houston.

Ia juga menjadi ketua MAITRI, lembaga bantuan untuk wanita-wanita Asia Selatan. Tahun 1995, kumpulan cerita pendeknya, Arranged Marriage, memperoleh penghargaan PEN Oakland Josephine Miles Prize for Fiction, Bay Area Book Reviewers Award for Fiction, dan American Book Award dari Before Columbus Foundation. Ia juga menerima 1994 Santa Clara Arts Council Award for Fiction dan 1994 Wallace Alexander Gerhode Foundation Poetry Award.
[copas dari Gramedia]


Judul: Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita
Judul Asli: The Unknown Errors of Our Lives
Penulis: Chitra Banerjee Divakaruni
Penerjemah: Gita Yuliani K
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Pertama, Februari 2010
Tebal: 264 hlm
Bintang: 3/5

Resensi lainnya:
Goodreads | Mata Buku Indri 


:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku atau Dagang Buku yuk! ::
Share:

5 comments:

  1. belum pernah baca, sempet tertarik sama The Palace of Illusions karena ada temen yg bilang buku itu bagus banget, mungkin belum waktunya aja kali ya berkenalan dengan cerita kayak gini :))

    ReplyDelete
  2. buku2nya selalu dpt respon bagus.. kapan2 baca ah..

    ReplyDelete
  3. iya Lis, kabarnya bukunya bagus banget, rating di GR juga mendukung

    hayooh baca Ky! bagus koq, meski kepalaku kadang agak bingung nyerna isinya :D

    ReplyDelete
  4. sering denger nama penulisnya, tapi blm pernah baca hehe

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    4 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    4 months ago
  • [Coretan Iseng] Pena Atau Mesin ?? - Ada petikan menarik dari buku 1Q84 Jilid 1, Kalimat yang persis sama, saat dibaca pada layar mesin ketik elektronik dan dibaca pada kertas, memberi kesan y...
    4 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20