Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Monday, March 19, 2012

The Emerald Atlas [The Book of Beginning #1]


Tidak salah jika beberapa review melihat tokoh The Emerald Atlas hampir mirip seperti tiga bersaudara di serial A Series of Unfortunate Events, karena begitu membaca sinopsisnya kepala saya pun langsung membayangkan Violet, Klaus, dan Sunny. Namun, untuk urusan cerita sudah pasti berbeda karena The Emerald Atlas memberikan alur maju-mundur yang sarat akan teka-teki membingungkan tapi mengasyikkan. Nah lo!

Kate, Michael, dan Emma adalah kakak beradik yang diambil dari orangtuanya secara misterius. Mereka pun kemudian berpindah-pindah panti asuhan dengan menyimpan keyakinan dalam ingatan samar Kate bahwa Ibunya berjanji akan menjemput mereka kelak. Saat kemudian panti asuhan terakhir pun ingin mengeluarkan mereka, seseorang bernama Dr. Pym bersedia menampung ketiganya di rumah tua yang tampak lusuh dan menyeramkan. Well, dari sanalah petualangan dimulai!

Perjalanan cerita bermula dari sebuah buku yang ditemukan Kate, Michael, dan Emma secara tidak sengaja di ruang bawah tanah. Buku yang kemudian ‘melempar’ mereka dalam petualangan menjelajahi waktu. Ternyata buku, yang kemudian diketahui bernama Atlas ini , ternyata salah satu, dari 3 buku, yang berkekuatan dahsyat. Sesuatu yang berkekuatan dahsyat sudah pasti menjadi incaran, salah satunya seorang penyihir jahat bernama Sang Magnus Mengerikan. Hanya saja, pada seri ini, Sang Magnus belum terlalu banyak muncul, dan tokoh antagonis ‘dipegang’ oleh Sang Countess, perempuan yang lincah dan sangat cantik, abdi dari Sang Magnus.

Karena buku ini tergolong fantasi, maka kemunculan makhluk-makhluk hasil imajinasi pun tak luput menyertai perjalanan tokoh sepanjang cerita, seperti kurcaci, raksasa, dan penyihir. Saya menyukai kisah Michael dan kurcaci, setiap kali bercerita tentang kurcaci otomatis saya langsung membayangkan The Smurf, lucuuu! Tak hanya berisikan tentang petualangan, sisi kasih sayang dan cinta disentuh dengan lembut oleh penulis. Saya dibuat terharu setiap kali Kate teringat, bahkan bertemu tanpa sengaja dengan sosok Ibunya ketika melakukan lintas waktu.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, alur dalam buku ini maju-mundur dan awalnya saya sukses dibuat bingung dengan perjalanan Kate mencari dan mengambil buku ke masa-masa dimana dia sebenarnya belum lahir. Tapi kebingungan tersebut tidak membuat saya berhenti membaca malah semakin penasaran untuk merangkai puzzle-puzzle yang disodorkan penulis. Tak hanya penggemar fantasi, bagi yang menyukai teka-teki, buku ini layak untuk dijadikan bacaan.

Well, masih tersisa dua buku lagi yang harus ditemukan, dan yang pasti peran Michael dan Emma akan semakin besar di seri selanjutnya. Jadi tak sabar menunggu seri The Books of Beginning selanjutnya.

Judul: Atlas Emerald; Buku-Buku Permulaan
Penulis: John Stephens
Penerjemah: Poppy Damayanti Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Pertama, Juli 2011
Tebal: 480 hlm
Bintang: ***
Pinjam dari Mbak Dee

Seri The Books of Beginning lainnya:
The Fire Chronicle

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::
Share:

2 comments:

  1. Aku sudah punya buku ini :D
    tapi belum dibaca. Hehehe. Banyak yang bilang bagus ya.. aku beli karena ngefanns Mbak Poppy :D

    ReplyDelete
  2. iya bagus, 'muter otak' banget deh :P

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20