The Tiger Rising; Sang Harimau


Cukup sering saya mendengar nama Kate DiCamillo bersama karyanya, terutama yang berjudul The Tale of Despereaux. Buku yang bercerita tentang tikus kastil yang jatuh cinta dengan putri raja inipun sudah lama saya miliki, hanya belum juga sempat dibaca. Malah kemudian saya lebih dulu membaca karyanya yang berjudul The Tiger Rising.

The Tiger Rising bercerita tentang anak lelaki 12 tahun yang bernama Rob Horton yang sangat pendiam sejak ibunya meninggal. Ketertutupannya semakin diperparah dengan sang ayah yang selalu menutup diri dari kenangan sang ibu. Sifatnya yang pendiam membuatnya menjadi korban bullying, yang sedihnya dihadapi Rob tanpa perlawanan. Bukan hanya itu, penyakit pada kakinya yang seringkali terasa gatal dan panas, membuatnya ‘diskors’ hingga sakitnya sembuh karena banyak orangtua murid yang takut anaknya ketularan. Tapi namanya anak-anak, skorsing malah ditanggapi dengan bahagia.

“Kau menyimpan semua kesedihan itu di bawah sana, di kakimu. Kau tidak membiarkannya naik ke hatimu, tempat seharusnya kesedihan itu berada.” [h.48-49]

Rob pun tahu bahwa kakinya tidak akan sembuh karena di situlah dia menyimpan rapat segala kesedihannya. Kehidupan Rob menjadi lebih ‘ramai’ ketika muncul gadis atraktif, Sistine. Karakternya yang diliputi kemarahan karena perceraian orangtuanya, membuat pertemanannya dengan Rob menarik. Kesedihan bersanding dengan Kemarahan.

Konflik dimulai, ketika harimau yang ditemukan Rob dalam kandang di seberang hutan, ditunjukkan kepada Sistine. Gadis cilik ini ngotot untuk membebaskan sang harimau, sedangkan Rob tidak yakin dengan hal itu, apalagi saat dia diserahi tanggung-jawab memberi makan sang harimau oleh pemiliknya. Dalam cerita ini Kate DiCamillo seakan menggunakan harimau yang terkurung di kandang sebagai analogi kesedihan yang terpendam begitu dalam.

Sayangnya selama membaca The Tiger Rising saya merasa biasa saja. Hanya sedikit tertarik dengan karakter Sistine yang meledak-ledak, sayang sosoknya tidak terlalu diceritakan secara detail. Ya iyalah, tokoh utamanya kan bukan dia.

Judul: The Tiger Rising; Sang Harimau
Penulis: Kate DiCamillo
Penerjemah: M. Raras Rumanti
Penerbit: GPU
Cetak: Pertama, April 2005
Tebal: 148 hlm
Bintang: **

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke facebook Parcel Buku yuk! ::

Comments