Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Monday, April 11, 2011

Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang


Berita tsunami, bahkan menyebabkan kebocoran radiasi, di Jepang baru-baru ini cukup menimbulkan kegemparan di dunia. Banyak korban. Namun bukan Jepang, jika negaranya menjadi terpuruk. Jepang masih tetap bertindak tangkas mengatasi bencana. Masih teringat dalam sejarah bagaimana hebatnya kebangkitan Jepang walaupun saat itu Hirosima dan Nagasaki telah luluh lantak di bom oleh tentara sekutu. Sebagai negara yang rawan terjadi gempa, ternyata berdampak pada kehidupan masyarakatnya. Sikap pantang menyerah, disiplin dan pekerja keras inilah yang membuat negaranya tidak kenal lemah.

Jepang adalah negara yang minim dengan SDA. Hal tersebut tidak menciptakan kemunduran, malah membuat mereka harus memutar otak untuk keberlangsungan perekonomian. Hasilnya? Terlihat dari tingginya kreativitas dan kecerdasan masyarakat Jepang terutama di bidang industri karena mereka memprioritaskan penciptaan SDM yang berkualitas.

Tahu The Last Samurai? Bagi penggila film pasti tidak asing dengan kisah samurai yang satu ini. Terlepas dari ceritanya keren abis, budaya Jepang yang dihadirkan dalam hampir setiap adegan mampu menggambarkan betapa kuatnya tradisi masyarakat Jepang. Hebatnya, sebagai negara maju, Jepang tidak melupakan tradisi yang telah mengakar kuat tersebut. Contohnya Hanami yang merupakan salah satu tradisi menikmati keindahan bunga dengan duduk bersama di bawah pohon sakura yang sedang bersemi, hingga saat ini tradisi tersebut masih berjalan.

Banyaknya nilai positif, tidak begitu saja menghilangkan kenegatifan dari negara sakura ini. Aktivitas yang tinggi membuat penduduknya malas untuk menikah dan memiliki anak, hal ini berdampak pada jumlah penduduk yang mengalami penurunan. Dari sini muncul peraturan yang sangat menguntungkan bagi para ibu hamil yang melahirkan di Jepang, karena pemerintah Jepang menyediakan subsidi yang cukup besar bagi mereka. Selain itu ketatnya persaingan membuat tingkat bunuh diri semakin tinggi.

Sangat menarik bukan mengenal negeri Jepang dengan segala kehidupan, tradisi, semangat, etos kerja, kemasyarakatan, perayaan, bahkan keanehannya. Buku berjudul Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang mengenalkan pembaca pada seluk beluk negara Jepang yang sangat menarik, plus kepositifan karakter mereka. Bagi yang ingin ke Jepang? Peluang sangat terbuka, apalagi Jepang termasuk salah satu negara yang memberi berlimpah beasiswa. Mengingat kuantitas SDM mereka yang mulai menurun, mereka mulai membuka diri dengan kedatangan orang-orang asing ke negara mereka. Nah, buku ini sangat bisa dijadikan pegangan dari mulai mengurus paspor, visa, dan apa yang harus dilakukan ketika telah sampai di Jepang.

Penulis cukup detail dalam merinci segala persiapan keberangkatan dari mulai mengurus paspor dan visa, hingga mempersiapkan diri hidup di Jepang. Hanya saja, format penyampaiannya terasa sedikit membosankan bagi pembaca yang hanya ingin mengenal Jepang karena terlalu formal dan tektual. Mungkin akan lebih menarik jika poin tersebut disampaikan dengan tampilan layout yang lebih menarik. Pembaca yang berminat ke Jepang layak untuk mencari buku ini, karena selain isi lengkap juga terdapat peta rute transportasi yang akan sangat membantu bagi siapa pun yang ingin menjelajah negeri Sakura.

Judul : Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang
Penulis : Nurul Asmayani
Penyunting: Ikhdah Henny
Penerbit : B First
Terbit: Cetakan Pertama, Januari 2011
Tebal : viii + 192 halaman

kunjungi: http://parcelbuku.com
Share:

8 comments:

  1. Artikelmu bagus juga,
    silahkan berkunjung di blog saya @
    Get A New Articles
    makasih...^^

    ReplyDelete
  2. Tsunami is a bad news. Everyone know that, Japan is a hard and fast working guys in the world. Well they came back soon.

    ReplyDelete
  3. Indonesia is very much affected by several natural calamities and this is one of the reason why this country is still not finding a braking point to improve.

    ReplyDelete
  4. wah membaca dan mendengar tentang jepang memang sangat mengasikan ,dan apalagi bisa pergi jauh kesana akan sangat mengesankan, jepang memang memiliki sdm yang sangat hebvat.padahal dari sda sangat minim.
    Sejak kecil pMasyarakat jepang sudah di ajarkan bahwa = Negara kita hanya memilik air dan batu.
    Dan kalau negara kita =Negara kita gemah ripah loh jinawi ijo royo-royo.
    sejak kecil kita sudah di ajarkan untuk hidup malas ,alias negara kita sudah kaya buat apa banyak kerja.
    Hehe jadi kepanjangan dan gak nyambung yah.
    Salam selalu.

    ReplyDelete
  5. Interesting story for Japan..awesome..

    ReplyDelete
  6. Iyah...aku keren, jadi komen deh :p
    Makasih ya Sinta, resensi bukunya.

    ReplyDelete
  7. buku yang sangat perlu dan menarik , ini akan banyak membahas rentang dunis di jepang yah,

    Bila ada buku yang menarik lain tentang jepang atau mungkin ide ide yang tidak jauh sama jepang

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

  • Think Dinar! - Judul: Think Dinar! | Penulis: Endy J. Kurniawan | Editor: Asma Nadia | Penerbit: *AsmaNadia Publishing* | Terbit: Ketujuh, Juni 2012 | Tebal: xxii + 298 h...
    6 months ago
  • Wonderful Life - Judul: *Wonderful Life* | Penulis: Amalia Prabowo | Penyunting: Hariadhi & Pax Benedanto | Penerbit: POP | Terbit: 2015 | Tebal: 169 hlm | Harga: Rp. 50.00...
    6 months ago
  • [Coretan Iseng] Pena Atau Mesin ?? - Ada petikan menarik dari buku 1Q84 Jilid 1, Kalimat yang persis sama, saat dibaca pada layar mesin ketik elektronik dan dibaca pada kertas, memberi kesan y...
    7 months ago

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20