Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
everyone is a reader. Some just haven't found their favorite book yet

Friday, March 5, 2010

Buku Yang Berpengaruh

Saatnya mengerjakan Pe eR kembali…Kali ini Mbak Fanda dengan baiknya memberikyu tugas untuk menulis dengan tema “Buku yang Berpengaruh Dalam Hidupku”. Begitu membaca tema tersebut kepalaku langsung terekam sebuah buku. Tetapi saat melihat para pengerja PR menuliskan "buku yang berpengaruh"-nya dengan jumlah di atas tiga, saya sempat bingung untuk mencari buku apalagi yang sekira menginspirasi hidupku. Bisa dibilang butuh waktu lama, dan tetap berujung dengan hasil bahwa hanya satu buku yang menginspirasi dalam hidupku.

Terlepas dari Al-Qur’an dan Hadist, yang menurutku bukan sekadar menginspirasi tetapi juga kitab pegangan hidup, saya tidak bisa menambahkan list buku. So, daripada terus berlama-lama dan tidak juga menemukan hasil. Akhirnya, saya tuliskan apa adanya. Inilah buku yang begitu menginspirasi hidupku

***

Orang-orang Proyek – Ahmad Tohari



Buku ini sangat menarik karena hampir sebagian besar isinya mengenai pergelutan antara idealism dan realism Kabul, seorang insinyur sekaligus mantan aktivis. Saya merasa isi buku ini sangat mewakili kondisi saat ini, sekaligus apa yang ada di dalam kepala saya, khususnya.

Manusia adalah penentu akankah menjadi sosok yang tetap menggenggam idealism [prinsip] yang berhati-nurani atau terus-menerus membiarkan diri hanyut bersama dengan kebobrokan dunia.


***

Sebenarnya masih ada beberapa buku yang juga cukup berpengaruh. Bukan berpengaruh atas hidupku, tetapi berpengaruh atas genre bacaanku. Semoga bisa menjadi tambahan bahan tulisan [biar keliatan panjang :P]


Misteri Jeritan Jam – Robert Arthur



Kisah petualangan Trio Detektif ini dipinjamkan teman semasa SMP, Yulia [ke mana ya ni anak?!]. Dari buku inilah keinginanku untuk mengonsumsi serial detektif begitu menggebu. Lima Sekawan, Sapta Siaga dan STOP menjadi sasaran setiap saya melangkahkan kaki ke tempat persewaan. Saya begitu menyukai teka-teki, seperti senangnya saya mengutak-atik soal Matematika demi mendapatkan jawaban [tapi itu duluuuu :P] Dan selanjutnya, aku begitu menyukai genre detektif.

10 Anak Negro – Agatha Christie



Karena menggebunya saya dengan serial detektif, seorang teman [juga semasa SMP] menawariku buku Agatha Christie dengan cover yang cukup menyeramkan. Setelah membaca, waaahhh, I love it! Aku benar-benar menyukainya walaupun sebenarnya buku yang satu ini lebih banyak mengandung nuansa thriller dibanding misteri. Dan menyadari kalau genre thriller ternyata mengasikkan.

Republik Maling – Soenaryono Besuki Ks



Untuk buku yang satu ini, lagi-lagi saya dapat meminjam. Kalau sebelumnya saya meminjam dari teman-teman semasa SMP, buku ini saya pinjam dari perpustakaan Kota Malang semasa kuliah. Yang menjadi daya tarik awal dari buku ini adalah setting tempatnya yang mengambil lokasi di Jawa Timur, termasuk Malang. Begitu excited-nya saat melihat kota kelahiranku menjadi salah satu sasaran cerita, apalagi kali ini bukan sekadar kisah yang full khayalan, tetapi juga mengandung unsur sejarah. Dan seperti sebelum-sebelumnya, seketika saya begitu menyukai buku-buku ber-genre fiksi-sejarah.

***

Well, itulah tadi buku-buku yang cukup mempengaruhi saya. Semoga bisa diambil info dan manfaatnya

Share:

5 comments:

  1. mau komentar.. wuih, templatenya baru. Perpaduan yang bagus, keren :)

    soal bukunya, saya gak bisa komentar.. belum ada yang saya baca.. :D
    orang2 proyeknya ahmad tohari katanya bagus, nyari ah pas pameran buku di Yogya :D

    ReplyDelete
  2. Wah...kayaknya cuma buku Agatha Cristie yang saya pernah baca....

    ReplyDelete
  3. hemmm... 10 Anak Negro? buku ini emang betul-betul keren mbak....

    ReplyDelete
  4. prinsip kadang bertentangan dengan kata hati (nurani). tergantung bagaimana kita bisa menempatkan prisip kita pada tempatnya.
    salam

    ReplyDelete
  5. Salam silaturahmi, Sinta ...
    template baru nih. Soal bacaan, pegangan kita yang utama selalu hanya Al-Qur'an dan Sunnah, tapi kok rasanya gak bisa disejajarkan dengan buku ya...mereka (2 pegangan itu) lebih bernilai tinggi.

    Saya suka Ahmad Tohari, tapi yang disini belum baca tuh. Jadi mau. Trims ya, Sinta, infonya

    ReplyDelete

What Do You Things?

Search

About Me

My photo

Seorang blogger yang suka membuat ulasan buku di Jendelaku Menatap Dunia dan Yuk Membaca Buku Islami

IG: @sinta.705 | email: sinthionk@gmail.com | twitter: @sinta_nisfuanna

Member of BBI

Member of BBI
ID 1301050

Another Blog

Popular Posts

Done!

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Sinta has completed her goal of reading 60 books in 2016!
hide

Blog Buku

Blog Cerita

Kumpulan Ulasan

Copyright © Jendelaku Menatap Dunia | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20