The Wedding Officer

Berlatarkan Perang Dunia kedua, kisah romansa antara Livia Pertini dan James Gould bergulir. Sebuah kisah yang mengambil setting tempat di Negara Italia. James Gould adalah seorang pejabat pernikahan, yang bertugas untuk menghalangi para tentara sekutu menikah dengan wanita Italia. Semula Gould adalah pejabat pemerintahan yang tegas dan berhati dingin. Segala pengajuan pernikahan yang mengatasnamakan, tentara dan wanita italia, pasti akan ditampik dengan berbagai alasan. Tidak hanya masalah pernikahan yang dirugikan, tapi James Gould juga memerintahkan rumah makan untuk ditutup, dikarenakan banyaknya aktivitas pelacuran yang tersimpan di balik perdagangan makanan.

Banyak pedagang yang dirugikan dengan peraturan yang ditetapkan utusan sekutu tersebut. Salah satunya Angelo, seorang pemilik Zi’ Teresa’s rumah makan elit. Dia mengalami kerugian yang cukup besar atas penutupan usahanya. Akhirnya, untuk mengatasi masalahnya, dia menyusupkan Livia Pertini, seorang gadis Fiscino, Italia. Yang secara tidak langsung akan menggoda Gould dengan keahliannya meramu masakan. Dan benar, James Gould tertarik dengan Livia, menyebabkan beberapa keputusannya menjadi melunak. Akibatnya, dilema pun memenuhi kepala James Gould, sebagai pejabat penikahan, yang tak sepantasnya mencintai seorang wanita Italia.

Anthony Capella memberikan beragam wacana dalam buku yang dipersembahkannya untuk sang ayah. Keindahan teluk Napoli dan gagahnya Gunung Vesuvius, tak mampu menutupi kekacauan kehidupan Napoli, penggelapan penisilin, pelacur yang telah menjadi “identitas” dari 90% jumlah wanita, pembunuhan tanpa kenal hati, bahkan kekalutan saat si gagah, Gunung Vesuvius, meletus. Kisah keterpurukan social ekonomi Italia menjadi dengan cerita romansa antara Livia dan Gould, serta deskripsi menu-menu masakan.

Namun sayang, di balik deskripsi cerita yang apik, buku dengan ketebalan 560 halaman ini bertuturkan dengan amat berbelit-belit, bahkan saya tidak merasa kehilangan ketika melewatkan beberapa halaman. Selain itu, banyaknya tokoh dan permasalahan, sering kali tidak terangkai dengan baik, seperti kisah antara Jumbo dan Elena yang tidak jelas arahnya kemana, ataupun cerita Eric yang menggoda Livia, terasa hanya selentingan untuk penambah ketebalan buku.

Judul: The Wedding Officer
Penulis: Anthony Capella
Penerjemah: Gita Yuliani K.
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Oktober 2008
Tebal: 560 halaman
Harga: Rp. 51.000,- (book.store.co.id)
ISBN: 9789792241426
Genre: Roman

NB: Makasih Mbak Dewi atas pinjaman bukunya yang so sweet ini.

*di sela-sela curi waktu di kantor :P*

***

Award Notes:

Si Pelopor KBO [Klub Buku Online] ini melakukan barter award denganku. Bisa dibilang kita berdua adalah penikmat buku, oleh karena itu award yang kita barter pun bertema senada, yaitu buku. Bahkan perjumpaan awal kita pun bertemakan buku *halah!* yaitu ketika Mbak Ana dengan kebaikan hatinya mengajakku bergabung dengan KBO.

Menyenangkan mengenal Mbak Ana lewat blognya http://anazkia.blogspot.com , yang kemudian berlanjut dengan kontak lewat YM. Blognya sendiri berisikan berbagai macam tulisan, mulai dari cerpen, puisi sampai dengan cerita tentang kehidupannya, sedikit banyak memberiku beberapa pelajaran dan hikmah. Dengan posisinya yang berada di negeri seberang, yang tak sebanding dengan jauhnya aku merantau [Malang-Bandung], tak jarang memberiku semangat untuk tak mengeluh. Tengkyu so much Mbak! Moga kita bisa terus bergandengan tangan dan saling memberi semangat, walaupun hanya lewat dunia maya.



Secara tak langsung, saling berbagi adalah slogan para blogger. So, award kali ini aku bagikan kepada:
1. Candra
2. Abdul Cholik
3. Jhon Trilili
4. Osi Rosita
5. Lilli perry

Comments

  1. wah...ripiu buku yaks, wah klo ceritanya agak membingungkan jadi malas bli mending minjem dulu. btw, selamat buat awardnya yaks! moga makin bikin smangat!!
    oiya teh, link kuw nyungsep kmn?

    ReplyDelete
  2. Repewnya mantap ...
    Selamat ntuk awardnya...

    ReplyDelete
  3. wedew, dah betulkah laptopnya? atau ini dari kantor yaks...??? kemarin mbak dah baca mandegnya inet Shinta tapi, mbak sekarang bener2 di landa virus lupa2 ingat. Dah baca tulisannya, di tinggalin githu ajah :((

    Sama kayak di rumah mas Yudie, Henny dll lagi deh. Pokoke, mbak gi kena virus, kalau lupa gak ingat. :((

    eh, selamat awardnya. Alhamdulilah di kasiin ama lilipery tuh, mbak seneng juga bisa kenal ama dia. Trus, kemarin, saya dari rumah shinta kenal ama, siapa tuh...??? lupa deh, yang bilang salam ukhuwah blogeriyah ;))

    ReplyDelete
  4. Shin, dirimu hebat eui mereview bukunya :) itu MP nya juga keren :)

    ReplyDelete
  5. Woooooooww bukunya 'dibantai' habis neh....heheheheeh..
    selamat awardnya embak...

    ReplyDelete
  6. cerita yang bagus
    selamat atas awardnya

    ReplyDelete
  7. Ternyata ada ya 'barter award'? hehehe...
    Kayaknya lumayan menarik, tp krn kamu bilang agak berbelit, ga jadi pengen deh...

    ReplyDelete
  8. pokoknya mah, tinggal cari buku ini deh...
    Sinta, apa kabar..kemana aja atuh, lama nggak nongol?.

    ReplyDelete
  9. mantab ripiwnya..
    tapi berbelit2 ya.. keliatan dari tebalnya halaman.. *waduh bisa2 keburu tidur tu bacanya..

    sip..sip..

    wak, dpt ewot saya.
    aduh makasih mbak, saya pasang aja ya. postingannya menyusul.. :D

    ReplyDelete
  10. Review bukunya menarik.. Tapi aku jadi tak tertarik utk beli.. hehehe..
    Males ah kalau yang dibaca ternyata berbelit-belit gitu. Aku sudah puas dengan membaca reviewnya disini saja.. ^_^
    Thanks reviewnya ya....

    ReplyDelete
  11. kayaknya asyik tuh bergandengan tangan di dunia maya

    ReplyDelete
  12. Jalan2 sambil baca review...
    Praktis & efisien, karena saya kekurangan waktu !

    ReplyDelete
  13. Reviewnya mantav,..... minjem juga dong bukunya.

    ReplyDelete
  14. btw,.... apanya shin yang susah di blog aku? komentnya atau southmixnya?

    ReplyDelete
  15. Review yang mantap. Hm....senang melihat award yang saya pajang (dianugarahkan teman) tadi di tempat asalnya, disini. Terimakasih sudah berbagi hingga tiba pada saya, juga pada sahabat lain.

    ReplyDelete
  16. selamet buat awardnya.. cantiQ2 tuhhh... semangadh iia juga ripiu2nya yg mangstabs :thumbsup:

    ReplyDelete
  17. keren mbak awardnya... salam terkasih...

    ReplyDelete
  18. Sayang sekali KBO kali ini membuat aku kecewa karena yame aku yang terhambat masalah hingga harus selingkuh membuat ID baru padahal dulu pada KBO pertama berjalan lancar tapi sekarang alhamdulillah sudah membaik karena emang ada yang salah setting..moga kejadian ini tidak terulang lagi pada KBO berikutnya yang ke-3,,amiin.. semangat terus yaa mbak :(

    ReplyDelete
  19. ketebalan 560 halaman??? wedew...apa ga kurang tebal tuh buku. segitupun habis jugah dibaca!!! ckckckck...bener2 penikmat buku sejatih nih, klop deh klo temenan ma anazkia.

    ReplyDelete
  20. wuih... 560 halaman. mantap sangat. kuat ya baca setebal itu
    *geleng-geleng

    yang namanya kalo sudah suka baca ya apa aja dilakuin ya nggak? :D

    ReplyDelete
  21. nggak kuat beli bukunya hiks..hiks.. ada yang mau menghibahkan kepada saya hehe...

    ReplyDelete
  22. reviewnya asik tp kok bawahnya jd gak bersemangat buat dibaca hehhe....

    ReplyDelete
  23. NAPOLI gituh, sampai sekarang juga masih angker hehehhe, pasti sang pengarang dan orang yang review bukunya keren :D

    selamat buat awardnya mba :D

    ReplyDelete
  24. salam kenal….add link webku ya …web mbak juga uda aku link.n jangan lupa kunjungi web ku serta register jadi member.bisa post blog,update status kamu,dan upload foto kamu kayak di facebook.gabung ya....terima kasih banyak

    ReplyDelete
  25. ada award untukmu ya. cek di postingan berjudul http://just-fatamorgana.blogspot.com/2009/07/pembagian-award-kloter-ii.html

    ReplyDelete
  26. review yang bagus,, en jujur banget..

    waduhh,, review terakhir bikin tuh buku jadi deretan belakang tuk di baca :)


    Sinta,, minta ijin buat ngelink blog kamu di tempat ane yah..

    ReplyDelete
  27. waduh bukunya tebal bgt Non, apa di baca smua...??? Klw lg ngantor bs di marhin s BOS tu :D

    Ngemeng2 Sorry baru kebaca awardsnya (jarang OL non)

    Awardsnya diambil ni...

    NUHUN PISANNN. HEHE1000X

    ReplyDelete
  28. Ajari saya buat review. Seharusnya saya bisa membuat banyak review karena setiap hari dikelilingi ratusan buku, namun sampai hari ini belum mampu buat blog khusus dan buat review buku yang baik. Setiap buku yang baru dibeli sebelum dipinjamkan ke siswa maka ada kewajiban tak tertulis untuk membacanya terlebih dahulu.

    Salam kenal. Selamat berjuang.

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?