Catatan Harian Amelia Tentang Surat Menyurat

Bagaimana perasaanmu saat temanmu direbut orang lain? Ya, mungkin pertanyaan ini terlalu berlebihan. Kesan direbut seperti terlalu mengekang seorang teman. Tapi kadang kala kita mungkin pernah merasakan cemburu saat teman dekat kita, tiba-tiba menjadi lebih dekat dengan orang lain dan terlihat tidak memperdulikan kita lagi. Suatu hal yang lazim terjadi untuk anak-anak, atau mungkin juga pada orang yang telah dewasa--dalam hal umur.

Seperti halnya Amelia yang merasakan cemburu saat Carly, sahabatnya, semakin dekat dengan Maxine. Maxine adalah murid baru di sekolah, dia sangat modis dan berhati-hati soal rambut, kuku dan pakaian. Penampilan Maxine pun lebih seperti anak kelas 8 dibanding menjadi murid kelas 6. Dan semua itu membuat Amelia ketakutan Carly akan meninggalkan karena dia tidak keren, karena model rambutnya jelek, bajunya tidak modis, atau sepatunya yang membosankan.

Selain kegundahannya karena Carly, Amelia juga dibuat sangat marah dengan surat-surat jahat yang dikirimkan lewat lokernya. Dugaan Amelia, Maxine lah yang mengirimkan surat-surat itu. Sampai suatu ketika Carly dan Amelia bertengkar hebat, yang mengakibatkan persahabatan mereka pecah. Semakin hari, Amelia semakin yakin kalau Maxine memang jahat, namun dia kebingungan bagaimana menyampaikan hal itu kepada Carly, selain itu kedatangan surat-surat bernada jahat masih juga diterimanya.

Pertemuan Amelia dengan Leah, seorang teman yang masuk dalam urutan ke-3 dalam temen-meter, berhasil mengungkap siapa penulis surat-surat jahat itu, dan surprice-nya mampu mengembalikan persahabatan antara Amelia dan Carly.

Buku ini didesain dengan gaya buku harian, lengkap dengan font tulisan tangan dan garis-garis seperti layaknya buku tulis, disertai coretan gambar tokoh ataupun benda-benda kecil di sekitar tokoh. Sebenarnya pemikiran Amelia agak sempit dalam hal pertemanan, namun cara berpikir seperti ini lah yang sangat mungkin terjadi dalam diri remaja, mengingat kondisinya yang masih uncontrol dan labil.

Selain itu, buku ini juga menunjukkan kekhasan remaja lewat penceritaan yang blak-blakan dan penuh imajinasi. Bagaimana Amelia menunjukkan kemarahannya lewat tulisan besarnya atau coretan-coretan ilustrasi. Bagaimana dia membuat teman-meter yang memberikan urutan seorang teman. Atau keinginannya untuk membuat kliping berisi surat-surat yang ditemukan di jalan. Buku yang menarik!

Judul Buku: Catatan Harian Amelia; Tentang Surat Menyurat
Penulis: Marissa Moss
Penerjemah : Femmy Syahrani
Penerbit: MLC
Cetakan: Pertama, Mei 2006
Tebal: 76 halaman
Harga : Rp. 17.800,- [jendelabuku.com]

NB: Makasih Mbak Rini, udah dikasih hadiah Miss Minder ini, yang sukses membuatku membeli serial lainnya, Wisata Sekolah yang Heboh!

***

Award Notes:

Award kali ini datang dari Inuel dengan blognya http://jombloku.blogspot.com/. Salah satu id blog yang bikin aku bertanya-tanya, maksud pake id jombloku teh kunaon? Apakah pas membuatnya dalam status jomblo, atau ingin mengukuhkan blognya sebagai blog jomblo, atau apa yah?? Tau deh, jadi pusing.

Yang lucu dari profil dia adalah “gak suka pake rok” hahaha…bener-bener ngingetin aku saat jaman kuliah yang selalu berpenampilan metal--women in black—yang saat pertama kali datang ke kampus dengan memakai rok, semua teman terbelalak, “Sin, sehat kan?” haduh haduh!!
Satu lagi yang aku inget dari Inuel ini adalah orang yang selalu mematok dirinya tidak suka membaca—klo gitu sering-sering mampir yah, biar ketularan virus baca--- Dan akhir-akhir ini kayaknya nona yang kabarnya ceria dan suka nangis juga ini, lagi jatuh cinta, liat aja tulisannya Aku, Sahabat dan Cinta.

Untuk awardnya aku suka, gambar orang berpegangan tangan. Seperti yang Inoel bilang di blognya “kami perpegangan tangan karena kami ngga ingin persahabatan kami putus, aku sayang dia sebagai sahabat” Well, semoga award ini bisa menjadi awal para blogger untuk saling bergenggaman tangan dan menjadi sahabat.


So, karena sinta anak yang baik dan tidak pelit…aku lanjutkan award ini untuk…
1. Rana Rasuna
2. Teh Linda
3. The Tisti
4. Pak Eka
5. Sanursukur

Comments

  1. award jomblo yak?
    hwahahahahhahaahha.....
    kok sesuai dgn diriku yg lagi ditinggal suamiku tugas selama 1 bln dooh...
    makasih ya say...aku angkut deh awardnya
    selamata jg udh dpt ya...

    ReplyDelete
  2. Bagaimana perasaanmu saat temanmu direbut orang lain? Ya, mungkin pertanyaan ini terlalu berlebihan.
    ___________________________________________

    Ternyata ini betulan terjadi, banyak kasus juga.

    ReplyDelete
  3. blog jomblo yaaa hahahahahahaha q banget pasti q langsung pasang di blog q....makasih banyak sinta....jangam bosen maen k blog q yaa ^_^

    ReplyDelete
  4. tetehhhh.... aku baru bisa berkunjung nih..
    waaaw.. buku ini, jadi inget waktu SD bacaanku ya buku ginian, kereen!!

    eniwei, ehem rumah baru yah, keren euy, kayak yg nulis komen ini *narsis?! hehe*

    ReplyDelete
  5. wah, award yg sama. selamat ya.

    ReplyDelete
  6. hhmm...hmmm...gak suka pake rok?..hehehe sama atuh Sin...
    biar kata udah ibu2 jg, aku gak punya koleksi rok semampir dlm gantungan lemari pakaianku...

    eniwei, makasih awrdnya, ssttt...aku simpan dulu dlm lemari...cari waktu buat memajangnya (hayah!)

    ReplyDelete
  7. Pas banget Sin tema awardnya sama tema bukunya: persahabatan.
    Eh, ternyata emang tomboi dari sononya ya? Pantes rela ga pake lipstik demi beli buku. hahahaha...

    ReplyDelete
  8. review yang indah di temani award yang indah...siiip mbak...

    ReplyDelete
  9. maksih mba dah pasang awardnya,,hmmmmm cinta adalah sahabat,,,sepertinya banyak thu yang terjadi,tanpa disadarai sang pemilik cinta,,rumah baru yah mba,keren ni,hehhe

    owh iya,aku buat blog dengan nma Jombloku,karena emng aku gg pernah ngrasain yang namnya "pacaran" stttttttt jgn bilang cap capa yah :P!!

    ReplyDelete
  10. Wha..kita punya hobi yang sama...yaitu baca buku.... :)
    Semoga kita bisa bersahabat ke depannya nanti ya..
    Salam kenal

    ReplyDelete
  11. salam sobat,,bagus tuh AWARDnya,,apalagi yang AMELIA SURAT MENYURAT,,UNIK DAN LUAR BIASA KERENNYA. SELAMAT ATAS AWARDnya ya...tetap semangat baca buku nich....

    ReplyDelete
  12. Selamat atas awardnya. Ulasan buku yang mantap Sinta.

    ReplyDelete
  13. Aku juga pernah memiliki perasaan kayak amelia, tapi nggak sampe seperti itu ko... lagian juga kalo emang sahabat mah ga bakalan ninggalin kita

    ReplyDelete
  14. selamat ya atas awardnya end maksih

    ReplyDelete
  15. :D jadi mirip buku harian donk kalau gituh ... wah seru tuh, surat2 bisa menjadi sebuah cerita

    Selamat buat awardnya mba ...

    mau pinjem buku, pasti udah di ungsikan deh bukunya :P

    ReplyDelete
  16. "Agak mahal" Bukunya...:D:P

    Selamat yah mbak awardnya... suksess...

    ReplyDelete
  17. Sin, temen meter itu apaan sih? istilah di buku aja atau istoalh umum ya?

    ReplyDelete
  18. Buku yang bagus dibaca terutama bagi yang remaja. Buat ortu yang punya anak abg juga penting itu, biar tahu permasalahan yang dihadapi anak-anak kita. Itu sampulnya bener-bener orisinil, bikin gemes. Kutunggu bedah buku berikutnya ya :D

    ReplyDelete
  19. Award yang dibungkus dengan review buku yang indah.
    Salam hangat selalu.

    ReplyDelete
  20. aq mau komen di sini...selamat siang hehe.....dan tak tunggu komen dari abang yang cakep di blog pemuja wanita di sini......thanks before(di klik aja deh bang hehe)

    ReplyDelete
  21. selamat siang jendela........... klik di sini yah aq punya blog baru yang tak khususkan untuk memuja wanita....tolong masukanya........semoga blog ini juga bisa jd bagian dari jendelaku menatap dunia....hehe BTW MAAP....KOMENKU DI ATAS KLIRU KIRIM...HARUSNYA TAK PASTE KE TUKANG KOMEN EH NYAAR DI BLOG KM...MAAP BGT YA.....HAPUS AJA DEH...TAK TUNGGU BALESANYA

    ReplyDelete
  22. surat menyurat pertama dariku,"Salam kenal untuk sesama blogger sastra," nice site.

    ReplyDelete
  23. Repewnya selalu mantap dan manfaat ...
    Selamat atas awardnya.

    ReplyDelete
  24. Selamat awardnya ya..
    selamat buat yang dapet award juga

    ReplyDelete
  25. Selamat utk awardnya...
    Aku baru tahu nih ada buku yg dibuat seperti buku harian gitu... Lucu pasti ya, apalagi ada gambar-2nya. ^_^

    ReplyDelete
  26. wah lagi2 dapet award.
    emmm kayaknya tu buku isinya mengharukan yah?? da versi gratisnya gak??

    *maunya*

    ReplyDelete
  27. duh mav mba' baru sempet nyentuh blog ney jadi baru bisa jemput awardnya sekarang... makasih3x

    ReplyDelete
  28. id jomblo thu , waktu buatnya pas lagi jomblo, nulisnya juga pas jomblo , N yang punya kayaknya jadi jomblokers dech, setia banget ni status nengkring di aku hiks ....

    makasih mba sinta !

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?