Vajra, Diamond In Every Heart

Judul: Vajra, Diamond In Every Heart
Penulis: Jenny Jusuf
Editor: Oktaviani HS
Penerbit: Sheila
Cetakan: 2008
Tebal: 144 halaman
Harga: Rp. 25.000,-

Buku sederhana yang disusun dengan bahasa yang sederhana. Kumpulan cerpen Mbak yang nge-fans banget dengan hot chocolate ini menampilkan cerita tentang kehidupan, terutama cinta yang hampir 80% berisikan cinta antara pria dan perempuan.

Diantara 12 cerpen, ada satu cerpen yang mendapat poin plus dariku, Judulnya Anugerah Terindah. Ceritanya tentang Najwa, gadis penjaga loket tol yang selalu menggerutui nasibnya, kecewa dengan kemiskinannya dan marah dengan ibunya yang pernah menjadi pelacur. Tiba-tiba, dalam keseharian kerjanya muncul pria bernama Dewo, yang setiap jam tertentu selalu membeli tiket tol dan menyapa Najwa dengan ramah. Namun, Najwa jelas-jelas tak menyukai keramahan pria yang selalu mengemudikan BMW Silver ini. Najwa menganggapnya hanya pria kaya iseng yang suka menggoda perempuan. Tapi anggapan itu salah total, Dewo tidak seperti yang dia kira. Dan kesalahan fatal itu membuat mata Najwa lebih terbuka dalam memandang kehidupan.

Sepanjang aku membaca, tema yang diambil terkesan monoton--dan terasa seperti sinetron--membuat "feel"ku dalam membaca semakin ke belakang semakin mengendor. Tapi sekali lagi, yang membuat buku ini memiliki kekuatan adalah kesederhanaan bahasa. Tidak perlu memeras otak, kita bisa mencerna apa yang ingin disampaikan sang penulis.

Comments

  1. aku punya banyak e-book cerpen, tapi blum sempat aku post... ntar deh.. blom da waktu... gratis lho.. cos materinya bukan karyaku juga, hehehehe.. aku copas dari harian2 terlama, tinggal di desain aja tampilannya tanpa merubah isinya... :-)

    ReplyDelete
  2. wah..sip sip sip!! klo dah dipost kabar2i

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?