Anak-Anak Revolusi

Perjuangan hidup dan mempertahankan sebuah ideologi yang telah diyakini, tidaklah mudah, apalagi jika kemudian berbenturan dengan realita yang tak bersahabat. Budiman Sudjatmiko salah satu aktivis politik yang menentang rezim Soeharto. Pertanyaan-pertanyaan di masa belia yang muncul sejak dirinya melihat kematian Mbah Dimin, terus membekas dalam benaknya hingga dewasa. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang menjadi dasar pemikiran yang kemudian datang bertubi-tubi. Ditambah lagi dengan penemuan "harta karun" dari gudang rumah Sang Kakek, buku-buku yang menginspirasinya. 

Kisah dibagi menjadi dua alur berjalan beriringan, yaitu masa kecil Budiman Sudjatmiko dan saat peristiwa pemburuan serta penangkapan beliau oleh rezim Orba. Kemasan bergaya novel yang tidak kaku, menjadikan memoar ini lebih nikmat untuk dibaca. Meski begitu ada bab-bab yang dipadati dengan pemikiran-pemikiran dari berbagai tokoh serta referensi judul-judul buku yang mengiringi perjalanan pemikiran atas ideologi yang dipegangnya. 

Meski untuk masalah ideologi atau pemikiran saya tidak terlalu sejalan dengan penulis, tapi buku ini tetap memberikan pelajaran berharga. Kisah masa kecilnya tentang bagaimana penulis begitu terinspirasi oleh buku-buku yang dikoleksi oleh Kakeknya, membuat saya berpikir untuk kembali melirik koleksi buku yang saya miliki. Jika suatu hari anak saya mulai asyik melihat-lihat buku dan tertarik untuk membaca apa yang dikoleksi orang tuanya, saya harap koleksi tersebut tergolong buku-buku yang bisa dijadikan "pegangan" yang membantunya membentuk pemikiran ke arah yang baik.

Perjalanan Budiman Sudjatmiko untuk meyakinkan dirinya untuk berjuang membela rakyat miskin, tak luput dari peran besar dari kehausannya untuk membaca buku. Membaca buku tak sekadar menjadi keinginan, tapi kebutuhannya untuk menopang, memperkuat, membenahi gejolak pemikiran yang mengisi otak dan pikirannya. Menurut saya itulah makna penting dari membaca sebuah buku. Membaca buku tak sekadar hobi, tapi sarana untuk membantu kita mengenal dan memahami apa tujuan kita hidup, apa yang ingin kita raih di dunia, sehingga ilmu yang kita serap dari membaca tak akan pupus dalam waktu sekejab, karena membaca yang dibarengi dengan perenungan, hasilnya luar biasa.

Judul: Anak-Anak Revolusi #1
Penulis: Budiman Sudjatmiko
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: 2013
Tebal: 494 hlm
Bintang: 3/5
Harga: Rp. 95.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)

Comments

  1. Dari awal terbit sudah pengin sama buku ini tapi sampai sekarang belum terbeli juga. Saya suka ngikutin tweetnya BS. Dan yang menyamakan saya dengan dia sepertinya hanya kami berdua sama2 penggemar Real Madrid. Hihihi....

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?