The Awakening (The Vampire Diaries #1)


Saat kemunculan Twilight sekitar tahun 2008, penerbit mulai berlomba-lomba menerbitkan fiksi fantasi bertema vampir. Hampir setiap mampir ke toko buku, tema tersebut selalu nangkring di etalase depan, baik dengan label best seller atau new books. Bahkan hingga saat ini, gaungnya masih terasa, dengan kemunculan Vampire Academy #4; Blood Promise dan The Vampire Diaries; The Return #2 Shadow Soul. Walaupun begitu, ini kali pertamanya saya bersentuhan dengan buku bertemakan vampir.

Sebelum membaca kisah Elena, dalam kepala saya terbayang aksi tarung Edward pada seri film Twilight [belum baca bukunya], apalagi saya baru saja menyelesaikan serial Billi SanGreal [Devil’s Kiss dan Dark Goddness] yang pastinya penuh dengan linangan darah. Sehingga begitu memegang dan membaca sinopsis The Vampire Diaries, otomatis kepalaku membayangkan adanya aksi pertarungan dengan kekuatan ala vampir.

Ternyata bayangan akan membaca cerita action, pupus. Sebagian besar menceritakan tentang masa lalu dan berkembangnya kisah cinta antara Elena-Stefan. Agak membosankan, hampir seperti membaca teenlit, tentang Elena, cewek tenar, cantik, dan menarik cowok manapun, yang marah karena ada Stefan, cowok baru, dingin, tapi keren, ternyata tidak sedikitpun melirik padanya. Dan begitu mereka mulai saling memperhatikan dan jatuh cinta, muncul pesaing. Mirip kan? Hanya saja di sini ada bumbu-bumbu horor dan sosok vampir. Hampir keseluruhan kisah Elena-Stefan-Damon berjalan datar, baru saat jelang tandasnya halaman buku, klimaks akhirnya nongol.

Kecewa. Ya! Tapi jujur saya belum kapok untuk membaca seri selanjutnya, karena sepertinya The Awakening adalah opening/pengantar cerita yang dimaksudkan untuk memperkenalkan latar belakang tokoh dan pendalaman kisah, sehingga nantinya tidak perlu lagi menyelipkan tetek bengek tersebut dalam pertualangan Elena-Stefan-Damon selanjutnya. Well, semoga seri selanjutnya, The Vampire Diaries #2; The Struggle, bisa membuatku dag-dig-dug-der. Lanjooot!

Judul: The Awakening (The Vampire Diaries #1)
Penulis: L.J. Smith
Penerjemah: Salsabila Sakinah
Penerbit: Atria
Cetak: Pertama, Maret 2010http://www.blogger.com/img/blank.gif
Tebal: 280 hlm
Bintang: **
(Pinjam dari Mbak Truly)

Seri lain The Vampire Diaries
The Struggle; The Fury; Dark Reunion

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

Comments

  1. Halo mbak, lama nggak berkunjung nih. hehe
    jujur, setelah membaca twilight saga, aku rada malas membaca vampir2an. hehehe

    ReplyDelete
  2. belum pernah baca ini, nggak suka serialnya jg agak malas bacanya ;p

    ReplyDelete
  3. @maya: hehehe, aku belum baca twilight saga, sepertinya mudik ntar baca tuh serial :P

    @sulis: huehehehe... pernah nonton serial tv-nya lis?

    ReplyDelete
  4. yang berkesan horor sekarang kan banayak diincar warga,termasuk saya lho,saya juga ngincar buku tersebut

    ReplyDelete
  5. saya ngincer buku itu tapi belum ke gramed,eumhh ntar saja hari minggu,mudah-mudahan sudah ada.

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?