Diary Dodol Pelajar Konyol


Judul: Diary Dodol Pelajar Konyol
Penulis: Zulfian Prasetyo
Editor: Nurhadiansyah
Penerbit: PT. Lingkar Pena Kreativa
Cetakan: Pertama, Januari 2009
Tebal: 237 halaman

"SMU adalah masa yang terindah" kalimat ini seringkali diperdengarkan dari mulut ke mulut. Walaupun aku pribadi tak terlalu menyetujuinya, ternyata lebih banyak manusia yang meng-iya-kan slogan itu. Dan di sini, Zulfian Prasetyo coba menuangkan tentang "keindahan" masa SMUnya lewat blog yang berhasil dibukukan.

Walaupun buku ini hanya mampu membuat aku tersenyum dan tertawa geli tanpa memberi efek ngakak, sebenarnya cukup berpotensi untuk membuat para pembaca ngakak -berarti aku aja yang kelainan!- Kenapa? Karena penggunaan bahasa komedi yang blak-blakan dan sedikit "kasar" saat ini sedang digandrungi dan ---sejauh yang aku pantau. Beuh!--- mampu memberi efek terbahak.

Salah satu kegelianku terpancing saat membaca peristiwa underwear Fian [panggilan familiar penulis selain Zulf, Panjul, Julpa and many more] yang terkuak akibat "kekreatifan" Mamet mengobrak-abrik isi tasnya,

"Waktu itu gue yang sedang melakukan sesuatu, nggak sadar kalo temen gue yang namanya Mamet lagi ngobrak-ngabrik tas gue. Gue gak tau pasti apa modus operandi kejahatannya. Hasilnya? Sodara-sodara, makhluk ini sukses menemukan CD cadangan gue dan melambai-lambaikannya di ruangan kelas sambil ketawa-ketiwi tanpa nurani kayak orang sarap" [hal 29]

Seringkali Becanda-an di buku komedi ini diulang ---terutama bagian ngaku-ngaku mirip Sahrul Gunawan--- tetapi si penulis meramu pengulangan dengan baik sehingga tidak begitu terasa kegaringannya.

Keunggulan buku ini adalah karena si penulis sendiri masih berstatus pelajar, sehingga "rasa" SMU-nya begitu terasa
. Selain itu, yang membuat buku ini berbeda dengan buku-blog yang lain adalah, adanya sisi kerohanian yang diangkat si Fian ---jarang kan?!--- dengan penuh canda, tanpa kesan menggurui tapi tetap bermakna.

Bagian yang sangat aku sukai dari buku ini adalah covernya yang sangat menarik. Tergambar keseruan, keceriaan, kesengsaraan masa-masa SMU, pokoknya rasa RAMEnya dapet banget! Well, buat Fian, Semangat!! Ada "bibit" kegokilan pada dirimu yang sangat layak untuk dipupuk. Yuks!!

Comments

  1. kenaren lihat buku ini kayaknya menarik, tapi aku selalu berhati-hati sekarang beli buku yang berasal dari blog.

    ReplyDelete
  2. judulnya hampir sama dengan buku terbitan Bukune: Cado-cado [catatan dodol calon dokter], atau apakah kedua penulis ini bersaudara? Hihi

    ReplyDelete
  3. mbak mina:

    baca buku ini serasa liat kolaborasi raditya ma boim lebon mbak :P

    teh sky:
    aku malah belum baca cado-cado mbak, baguskah?

    ReplyDelete
  4. wah jadi tertarik pengen baca nie.....btw punya yang agnes jessica g koleksiy...lg nyari nie buat baca2 ja....

    ReplyDelete
  5. tertarik baca nih, cari bukunya ah

    ReplyDelete
  6. dasyat tulisannya,, salut untuk anda
    salam kenal,..

    ReplyDelete
  7. subhanallah...

    dahsyuatt,,(berlebihan y??heheh ^_^)
    gaya bahasanya mudah di fahami dan tidak berbelat belit (unsur instrinsik novel kalee. heheh)

    k fhian ini bisa bikin orang yg lg BM (bad mood) jadi MMMMM (mood mood mood mood mood) heheh^_^
    salam kenal y k..

    ayu
    suksess selalu buat k OTHONG
    heheheh

    ReplyDelete

Post a Comment

What Do You Things?